parenting

Inspirasi untuk Anak dari Lady Gaga, Peraih Piala Oscar 2019

Radian Nyi Sukmasari Selasa, 26 Feb 2019 09:00 WIB
Inspirasi untuk Anak dari Lady Gaga, Peraih Piala Oscar 2019
Jakarta - Di ajang Academy Awards 2019 atau Oscar 2019, lagu Shallow yang dibawakan Lady Gaga dan Bradley Cooper berhasil menyabet Piala Oscar ke-19 untuk kategori best original song. Dalam sambutannya, Lady Gaga menyampaikan pesan yang bisa jadi inspirasi buat anak nih, Bun.

Di atas panggung, sudah pasti Lady Gaga senang bukan main karena soundtrack film Star is Born tersebut berhasil menjadi pemenang. Saking bahagianya, Lady Gaga enggak bisa menahan rasa harunya. Dengan berlinang air mata, Lady Gaga mengucapkan pidato kemenangannya.

"Ini bukan tentang kemenangan, ini tentang bagaimana kita tidak menyerah. Ketika kamu memiliki mimpi, berjuanglah," ungkap Lady Gaga, seperti dilansir detikcom.



"Ini bukan tentang seberapa banyak kamu telah ditolak, ini tentang berapa kali kamu bangkit dan tetap melakukannya," lanjut wanita yang juga membintangi film Star is Born ini.

Apa yang disampaikan Lady Gaga bisa banget kita ajarkan ke anak, Bun. Bagaimana kita terus semangat dan tak menyerah mengejar mimpi. Dan untuk mendapatkan mimpi itu sudah pasti seseorang mesti berjuang meski harus jatuh dan bangkit berkali-kali.

Disampaikan psikolog Neil Farber M.D, Ph.D, seseorang bahkan sejak masa anak-anak dan remaja memang perlu membuat sebuah goal atau tujuan yang akan dicapai di hidupnya, dalam jangka pendek maupun panjang. Kata Farber, tujuan membuat kita fokus pada energi yang dibutuhkan.

Lady Gaga di Oscar 2019Lady Gaga di Oscar 2019 (Foto: REUTERS/Mike Blake)
"Dengan adanya tujuan dalam hidup kita bisa membuat sebuah rencana, menjalani kehidupan yang berpusat pada tujuan, menciptakan perasaan semangat, optimisme dan keberhasilan dalam diri kita," kata Farber, seperti dilansir Psychology Today.

Ketika anak punya tujuan, agar mereka tetap semangat dan berhasil orang tua bisa membantunya untuk:

1. Membuat daftar tujuan lalu menentukan mana yang jadi prioritas
2. Menentukan apa kelebihan dan kekurangan anak. Ini guna mengantisipasi apa yang dibutuhkan agar tujuan anak tercapai
3. Memastikan apakah tujuan anak sesuai nilai yang dianut dalam keluarga.


Nah, agar anak punya daya juang tinggi, pakar edukasi dan pendidikan Ina Liem menyarankan untuk membiarkan anak menghadapi masalah. Apalagi di zaman sekarang, kemampuan memecahkan masalah atau problem solving penting sekali karena untuk bisa bersaing anak perlu punya semangat juang yang tinggi.

"Jadi, jangan khawatir bila anak menemui masalah. Tetap dampingi mereka dan beri masukan jika perlu. Biarkan anak berusaha semampunya menghadapi masalah yang ada. Ketika terbiasa menyelesaikan masalah, anak bisa jadi sosok yang lebih tangguh," papar Ina.

Video: Lady Gaga, Gadis Italia yang Fenomenal

[Gambas:Video 20detik]

(rdn/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi