parenting

Madu Bisa Bantu Atasi Alergi Anak Lho, Bun

Tia Reisha Jumat, 01 Mar 2019 11:18 WIB
Madu Bisa Bantu Atasi Alergi Anak Lho, Bun
Jakarta - Madu bukan hanya memiliki rasa manis yang bakal disukai si kecil, tapi juga memiliki manfaat lainnya, Bun. Manfaat tersebut salah satunya adalah sebagai obat alergi bagi anak karena madu mengandung antiinflamasi sebagai obat alami untuk alergi.

Dilansir Very Well Health, sebuah penelitian di Malaysia pada 2013 menemukan beberapa manfaat terkait konsumsi madu. Orang yang makan madu satu gram untuk setiap kilogram berat badan setiap hari memiliki gejala rinitis alergi yang lebih baik dibanding orang yang mengonsumsi sirup rasa madu dalam jumlah sama.

"Manfaat madu pada anak yang alergi masih terus diteliti. Ada satu penelitian oleh Ashari dkk di Malaysia yang menyimpulkan pemberian madu dosis tinggi dapat mengurangi gejala rinitis alergi sehingga bisa digunakan sebagai terapi tambahan," ujar Head of Medical Kalbe Nutritionals, dr.Muliaman Mansyur kepada HaiBunda.



"Rinitis alergi adalah kumpulan gejala alergi pada saluran napas dengan gejala hidung gatal dan tersumbat atau infusa, napas bunyi, mata kemerahan dan gatal," sambung Muliaman.


Selain itu, Muliaman juga menyebut bahwa madu mengandung mineral seperti natrium, kalsium, magnesium, aluminium, besi, fosfor dan kalium. Ada juga vitamin dalam madu berupa thiamin (B1), riboflavin (B2), asam askorbat (C), piridoksin (B6), niasin, asam pantotenat, biotin, asam folat, dan vitamin K.

"Ada beberapa manfaat madu buat anak. Madu memiliki aktivitas antimikroba, melawan peradangan dan infeksi. Terdapat juga fenolik di dalam madu yang sangat efektif untuk ketahanan tubuh melawan stres. Membantu agar nafsu makan meningkat karena adanya unsur vitamin B yang lengkap dalam madu sehingga anak tumbuh sehat, lincah dan riang serta tahan penyakit," jelas Muliaman.

Kini Morinaga Chil Kid Soya dan Chil School Soya hadir dengan rasa baru yaitu rasa madu. Madu alami yang terdapat di dalam Morinaga Chil Kid Soya dan Chil School Soya cocok untuk anak yang alergi susu sapi.

(mul/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi