parenting

Ajari Anak Kesederhanaan ala Presiden Jokowi, Santai Naik KRL

Annisa Karnesyia Kamis, 07 Mar 2019 19:00 WIB
Ajari Anak Kesederhanaan ala Presiden Jokowi, Santai Naik KRL
Jakarta - Ada yang buat heboh semalam nih, Bun. Orang nomor satu di Indonesia, Presiden Jokowi kedapatan tengah berdesak-desakan dalam kereta commuter line jurusan Jakarta - Bogor.

Dikutip dari detikcom, Jokowi memilih menggunakan kereta untuk menuju kediamannya di Istana Kepresidenan Bogor, tanpa pengawalan ketat. Hal itu pun dibenarkan oleh Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin.

"Iya benar, tadi usai kegiatan, Presiden pulang ke Bogor menggunakan kereta KRL. Tanpa pengawalan ketat. Presiden naik dari Stasiun Tanjung Barat menuju Bogor," ujar Bey.

Bey menambahkan, banyak penumpang yang terkejut atas kehadiran Jokowi di kereta. Dia juga mengatakan tidak sedikit penumpang dan orang di sekitar yang mengajak swafoto dan meminta salaman.

Penumpang ramai. Presiden juga banyak diminta foto dan salaman," kata Bey.
Jokowi naik KRLFoto: Jokowi naik KRL (dok. Istimewa)


Ajari Anak Kesederhanaan

Aksi Presiden Jokowi ini memang patut dijadikan contoh ya, Bun. Berbaur dengan masyarakat dan menggunakan transportasi publik bisa jadi salah satu sifat kesederhanaan Jokowi yang bisa diajarkan pada anak.

Berbicara tentang kesederhanaan, menurut Dr. Cristine Legare, profesor dan psikolog dari University of Texas, kesederhanaan adalah kerendahan hati yang berkaitan erat dengan keterbukaan terhadap ide-ide baru.

"Dengan keterbukaan terhadap ide-ide baru, anak akan lebih berani bereksplorasi, mengeluarkan pendapat, dan bersikap terbuka terhadap orang lain," kata Legare, dikutip dari Coursera.

Kesederhanaan adalah sifat rendah hati yang paling dibutuhkan saat ini. Kepribadian yang mengagumkan ini akan membuat seseorang selalu dihormati dan dihargai oleh orang lain. Untuk itulah, sifat ini harus bisa ditanamkan orang tua pada anak sejak kecil.

Banyak orang tua berusaha membangun kepercayaan diri anak, tapi lupa untuk membentuk karakter sederhana yang justru dapat membantu menumbuhkan rasa percaya diri.

Dilansir dari Parenting First Cry, berikut tips untuk mengajarkan anak tentang kesederhanaan, Bun.

1. Memberi contoh

Anak-anak dapat belajar lebih baik ketika orang tua memberikan contoh secara langsung. Mulailah Bunda merubah gaya hidup yang sederhana. Contohkan pada anak tentang menghormati orang lain, berprilaku baik, dan berbicara dengan ramah. Kerendahan hati dan kesederhanaan bisa dimulai di rumah bersama orang tua.

2. Bangun kepribadian anak

Jangan selalu beri pujian atas prestasi anak, cobalah sedikit mengkritik agar anak bisa lebih rendah hati ya, Bun. Selain itu ajak anak untuk mengikuti berbagai kegiatan sosial seperti kerelawanan. Anak mungkin akan belajar jika menolong dan melayani orang lain bukanlah suatu kelemahhan tetapi sifat yang terhormat.

3. Ajarkan anak untuk mengakui kesalahannya

Anak-anak akan menjadi sederhana dan rendah hati jika belajar mengakui kesalahannya. Kemampuan untuk bertanggung jawab atas kesalahan mengajarkan anak tenang integritas dalam hidup. Orang tua harus mendorong anak untuk meminta maaf dan belajar menahan diri jika berbuat salah. Salah satu cara untuk memaafkan adalah dengan menunjukkan belas kasih dan pengampunan.


Klik halaman selanjutnya, Bunda.


[Gambas:Video 20detik]

(ank/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi