parenting

Viral Seorang Anak Tirukan Suara Mendesah, Penting Bicarakan Sex Education

Asri Ediyati Senin, 11 Mar 2019 16:00 WIB
Viral Seorang Anak Tirukan Suara Mendesah, Penting Bicarakan Sex Education
Jakarta - Seorang anak biasanya akan menirukan kejadian yang dia lihat atau dengar dari sekelilingnya. Seperti kejadian baru-baru ini yang memperlihatkan seorang anak menirukan suara orang mendesah. Sontak video anak tersebut viral dan menimbulkan keresahan tersendiri di kalangan orang tua.

Tak cuma suara, anak tersebut melakukan gerakan yang jarang dilakukan balita pada umumnya. Di video tampak anak melakukannya tiga kali, awalnya si kecil melakukannya dengan spontan. Pada yang kedua dan ketiga kalinya, anak itu diminta oleh sang ibu. Meski sebagian orang yang menontonnya itu lucu, tapi ada beberapa orang yang menganggapnya miris dan sama sekali tak ada yang lucu.

"Bukan hal patut dibanggakan dan lucu. Harusnya hal2 begini jangan dianggap remeh. Karena anak kecil itu menyimpan semua apa yg mereka liat," kata salah satu warganet di kolom komentar, dikutip dari detikcom.


Dari video tersebut, banyak pula yang beranggapan bahwa anak kecil itu tak sengaja melihat dan mendengar suara orang tuanya ketika bercinta. Nah, bicara soal ketahuan bercinta oleh anak, ini memang bisa saja terjadi, Bun. Terutama kalau anak masih tidur sekamar sama kita.
Viral Seorang Anak Tirukan Suara Mendesah, Penting Bicarakan Sex EducationViral Seorang Anak Tirukan Suara Mendesah, Penting Bicarakan Sex Education/ Foto: Thikstock


Maka dari itu, psikolog anak dan remaja dari RaQQi Human Development and Learning Centre, Ratih Zulhaqqi, sebisa mungkin orang tua mengatur aktivitas bercintanya. Kalau memang kamar sudah terpisah sama anak, usahakan kunci kamar ketika kita sedang bercinta. Atau, ketika anak masih tidur sekamar, atur waktu misalnya di malam hari ketika anak tidur dan kalau perlu, lakukan aktivitas itu di kamar lain, Bun.

"Untuk balita, bisa aja mereka belum ngeh apa yang dilakukan orang tuanya. Tapi ketika mereka melihat, itu bisa tersimpan di memori anak. Makanya, kita perlu hati-hati banget tuh. Cari waktu yang pas juga untuk bercinta. Kalau pas anak lagi ada di rumah, siang gitu, ya baiknya sih jangan ya, he-he-he," tutur Ratih waktu ngobrol sama HaiBunda.

Dikutip dari Men's Health, psikolog anak di Minnesota, Hal Pickett mengatakan kalau sampai anak bertanya apa yang ayah dan bundanya lakukan, kita bisa memberi tahu mereka kalau ayah lagi menggelitiki bunda, melakukan olahraga baru, atau mencari harta karun di sela-sela tubuh. Gimana kalau anak melihat ayah dan bundanya nggak mengenakan pakaian?

"Jika secara visual anak bisa melihat bagian tertentu tubuh atau mereka berpikir mengapa orang tuanya enggak berpakaian, penting untuk memberi info sesuai umur anak. Katakan saja selesai saling menggelitiki, ayah atau bundanya perlu mandi dan itu sebabnya nggak mengenakan pakaian," ujar Pickett.

Kalau anak udah lebih besar, Bun, mereka juga bisa merasa malu lantas langsung pergi ketika memergoki orang tuanya bercinta. Dalam situasi kayak gini, esok harinya Pickett menyarankan ajaklah anak ngobrol dan kasih penjelasan. Misalnya, hubungan seks wajar dilakukan oleh dua orang dewasa yang saling mencintai dan sudah menikah. Di momen seperti ini, orang tua dan anak juga bisa berdiskusi soal seks lho.

(aci/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi