sign up SIGN UP search


parenting

Jangan Biasakan Anak Ganti Baju di Depan Umum, Ini Alasannya Bunda

Asri Ediyati   |   Haibunda Sabtu, 18 Jun 2022 04:00 WIB
father put on yellow hat to his cute asian chinese baby boy at public park in the morning caption
Jakarta -

Dalam praktik sehari-hari mengurus anak, terutama balita, ada beberapa hal sepele yang kerap orang tua abaikan. Salah satunya adalah saat menggantikan baju anak.

Ketika di luar rumah, beberapa orang tua mungkin cuek gantikan baju anaknya di depan umum. Padahal, sebaiknya jangan dilakukan ya, Bunda. Mengapa demikian?

Perawat dan pendidik gaya hidup sehat Rizal Do, dalam tritnya menulis alasan mengapa hal tersebut sebaiknya tidak dibiasakan. Ia menyoroti pentingnya mengajari anak untuk melindungi area privatnya.


"Kalau punya anak/adek/ponakan yg masih toddler/balita, jangan dibiasain ganti baju di ruang terbuka kek jalan raya, halaman, tempat umum, taman dll. Jangan beralasan karena masih kecil enggak apa-apa, enggak ngerti malu. Nah, justru itulah saatnya diajarin rasa malu dan pentingnya melindungi area privat," tulisnya, dikutip dari akun Twitternya @afrkml.

Banner Cara Membuat Infused WaterFoto: Annisa Shofia

Rizal berpesan jangan sampai anak berpikir bahwa tak masalah umbar area privat di tempat yang banyak orang berlalu lalang. Menurut Rizal, hal ini berlaku ketika memandikan anak di tempat terbuka yang area privatnya bisa dilihat orang selain orang tuanya.

"Kejahatan seksual makin beragam. Kamu mungkin bakal berpikir, "ah ribet amat.", ya memang ribet karena awareness soal ini sejak dulu belum ada. Makanya dibiasakan aja mulai sekarang," tulisnya.

Menurutnya, anak yang paham konsep privasi dapat mengerti dan awas apabila sewaktu-waktu ada yang melecehkannya dan segera lapor ke orang tuanya. Ia mencontohkan, tak jarang orang yang jenguk bayi suka memainkan kemaluan bayi, terutama penis bayi laki-laki dengan alasan lucu.

"Orang tua harus tegas kalau yang kayak gitu enggak ada lucu-lucunya. Meski sudah dewasa, ada saja orang yang enggak paham sama prinsip privasi. Ini yang bikin sebagian orang meremehkan pelecehan," sebutnya.

Selain tidak membiasakan ganti baju di depan umum, penting untuk mengajarkan anak tentang area tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh. Baca kelanjutannya di halaman berikut ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga tips menghindari anak dari pelecehan seksual melalui video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



AJARI ANAK AREA TUBUH YANG BOLEH & TIDAK BOLEH DISENTUH
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!