parenting

Di Italia, Anak Belum Imunisasi Tak Boleh Sekolah

Maya Sofia Kamis, 14 Mar 2019 08:00 WIB
Di Italia, Anak Belum Imunisasi Tak Boleh Sekolah
Jakarta - Kewajiban imunisasi anak hingga kini masih menjadi pro kontra di kalangan orang tua. Tak hanya di Indonesia lho, Bun. Tapi juga di dunia.

Seperti dilansir BBC, ada Undang-undang baru yang melarang anak-anak di Italia bersekolah jika tidak memiliki bukti bahwa mereka sudah mendapatkan serangkaian imunisasi, seperti cacar, polio, rubella, hingga campak.


Di bawah aturan baru tersebut, anak-anak berusia hingga enam tahun bisa dikeluarkan dari taman kanak-kanak dan tempat penitipan anak jika orang tua tidak menyerahkan bukti vaksinasi.


Larangan ini tak berlaku untuk anak usia enam hingga 16 tahun. Namun, orang tua yang kedapatan anaknya tidak mengikuti imunisasi harus membayar denda hingga kurang lebih Rp7,9 juta.

Pemerintah Italia pun memberikan tenggat waktu hingga Senin, 11 Maret 2019, bagi orang tua untuk melengkapi dokumentasi imunisasi anak-anak mereka. Aturan ini sendiri bukan tanpa kritikan.

Ilustrasi imunisasiIlustrasi imunisasi/ Foto: thinkstock
Menteri Kesehatan Italia Giulia Grillo mendapatkan tekanan dari Wakil Perdana Menteri Matteo Salvini untuk memperpanjang tenggat waktu. Namun, Giulia dengan tegas menolaknya. "Tidak ada vaksin, tidak ada sekolah," ucapnya.

Peraturan tersebut ditanggapi beragam oleh pemerintah daerah. Di Bologna misalnya, otoritas setempat mengirim surat penangguhan kepada orang tua dari sekitar 300 anak. Setidaknya, ada 5.000 anak di sana yang belum memiliki dokumentasi imunisasi.

Aturan ini memang belum diterapkan di Indonesia ya, Bun. Namun tak ada salahnya, Bunda mengetahui jenis imunisasi apa saja yang wajib diberi pada anak, yakni:

1. BCG (Bacillus Calmette-Guerin)

2. Hepatitis B

3. Polio

4. DPT

5. Campak


Sudahkah putra dan putri Bunda mendapatkan vaksin di atas? Jika belum, yuk segera imunisasi buah hati tercinta.

[Gambas:Video 20detik]




(som/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi