parenting

Belajar Musik Tingkatkan Kemampuan Sosial Anak

Asri Ediyati Rabu, 27 Mar 2019 07:58 WIB
Belajar Musik Tingkatkan Kemampuan Sosial Anak
Jakarta - Sebagian orang tua menganggap belajar musik sejak dini akan meningkatkan intelegensi anak. Padahal ada lagi hal yang lebih penting dari itu. Secara umum, apa sih manfaat musik buat anak? Menurut psikolog Hoshael Erlan, M.Psi, musik salah satu variabel yang bisa mengaktifkan beberapa bagian di otak.

"Suara, visual. Sejauh ini musik bisa mengaktifkan bagian otak. Apalagi di usia anak-anak, mereka sangat siap menerima stimulus karena sedang tumbuh kembang. Mendengar ritme atau suara sedikit bisa mengaktifkan otaknya, akhirnya bisa mudah belajar musik," kata Hoshael di Bincang Shopee 'Tingkatkan Kreativitas Anak Melalui Musik', di bilangan Kemang, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Ada tiga kemampuan anak yang diasah ketika mempelajari musik yakni, kognitif, afektif, dan psikomotorik. Kemudian, apakah musik bisa berdampak kemampuan akademik? Kata Hoshael bisa saja, tapi tentunya anak harus tetap belajar ya, Bun. Mereka tidak serta merta pintar dengan sendirinya.


Jadi enggak langsung jadi murid jenius di kelas ya, Bun. Akan tetapi, ada manfaat lainnya yang enggak kalah penting yakni meningkatkan kemampuan sosial si kecil.

Belajar Musik Tingkatkan Kemampuan Sosial AnakBelajar Musik Tingkatkan Kemampuan Sosial Anak/ Foto: Hassan/detikcom
"Hasil penelitian, anak yang suka musik lebih baik kemampuan sosialnya. Kemampuan berkomunikasinya bagus. Penelitian di Australia, ketika diperdengarkan musik dari mancanegara, anak lebih mudah mengerjakan sesuatu. Ketika ada lagu-lagu yang beat-nya semangat anak jadi lebih responsif," ujar Hoshael.

Manfaat lainnya dari belajar musik ternyata bisa menambahkan kosakata pada anak, Bun. Di kesempatan yang sama, musisi dan kepala program Studio Nada, Azfansadra Karim menjelaskan bahwa dalam musik ternyata terdapat konsep dasar matematika dan fisika.

"Mungkin kita tak sadar bahwa konsep dasar itu muncul ketika anak lebih dalam lagi belajar musik. Kemudian dari segi sosial, anak-anak yang bisa bermain musik ini lebih percaya diri. Kita mengharapkan sekolah musik bisa membuat anak mendapatkan banyak hal," ungkap pria yang karib disapa Adra tersebut.

Lebih lanjut Adra menjelaskan, ketika anak diberikan les musik akan membuatnya bertemu orang-orang baru. Biasanya di rumah ketemu keluarganya, tapi si kecil diajak keluar dari zona nyamannya. Itulah yang kelak mengasah kemampuan sosial anak.

"Untuk usia 1,5 - 3 tahun perlu ada pendampingan orang tua, karena anak usia segitu kan pahlawan atau idolanya mereka adalah orang tua. Selain itu ketika orang tua berpartisipasi, anak akan dengan mudah mencontoh orang tuanya. Itu akan memudahkan, begitu masuk usia 4 tahun mereka sudah mulai bisa dilepas orang tua karena sudah mulai tahu konsep teman," tutup Andra.


[Gambas:Video 20detik]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi