parenting

Cerita Chua 'Kotak' tentang Pengaruh Musik pada Kedua Anaknya

Annisa Karnesyia Kamis, 11 Jul 2019 09:35 WIB
Cerita Chua 'Kotak' tentang Pengaruh Musik pada Kedua Anaknya
Jakarta - Berprofesi sebagai musisi, Chua 'Kotak' merasakan manfaat musik pada kedua anaknya, Raja Sabdasakha Putra Firmansyah (2) dan Shakilla Sabdasakhi Putri Firmansyah (3 bulan). Ini tak lepas dari kebiasaan wanita 31 tahun ini sering mengajak kedua buah hatinya manggung.

Enggak tanggung-tanggung, Bun. Saat hamil, Chua bahkan masih aktif tampil bersama grup musiknya, Kotak.

"Karena duniaku musik, dari kecil Raja suka aku ajak manggung, check sound ikut. Bahkan selama hamil, diajak manggung, ternyata sangat nyaman sekali," kata Chua dalam acara 'Launch of Musical Toys, Play & Grow with ELC Musical Toys' di GoWork, Pasific Place, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, baru-baru ini.


Salah satu manfaat musik bagi putri bungsunya, yaitu saat Shakilla menangis. Kata wanita bernama lengkap Swasti Sabdastantri ini, Shakilla langsung berhenti menangis saat didengarkan musik.

"Seperti anak aku sekarang (Shakilla), usianya tiga bulan, kalau nangis dan didengarkan musik, langsung diam. Mungkin dia mengingat saat diajak ibunya manggung dulu," ujarnya.

Untuk putra pertamanya, Chua menggunakan musik sebagai sarana mengekspresikan diri dan berkomunikasi. Misalnya, saat Raja cemburu dengan sang adik atau rewel.

Cerita Chua 'Kotak' tentang Pengaruh Musik pada Kedua AnaknyaCerita Chua 'Kotak' tentang Pengaruh Musik pada Kedua Anaknya/ Foto: HaiBunda

Istri Firmansyah Mahidin Putra ini juga sering bernyanyi sambil bermain musik dengan Raja, Bun. Bahkan, Raja sudah dikenalkan cara bermain musik sejak usia 6 bulan.

"Kalau Raja lagi cranky, aku ajak main gitar bareng. Itu benar, menumbuhkan bonding orang tua dan anak. Kalau dia mulai cemburu dengan adiknya, aku ajak nyanyi, dia senang lagi," pungkas Chua.

Meski baru berusia dua tahun, Raja sudah bisa mengartikan emosinya dengan lagu dan musik. Kata Chua, saat sedih, sang anak berdendang sedih dan saat senang, dia akan mendengarkan musik kencang sambil lompat-lompat.

Dalam kesempatan yang sama, psikolog dan founder Rumah Dandelion, Nadya Pramesrani bilang kalau musik memang bisa membuat orang tua tahu emosi anaknya, Bun. Paling baik bila anak bisa mengartikan nada dengan emosi tertentu.

"Kalau kita enggak bisa tahu emosi anak, paling bisa kita cari lagu yang pas untuk anak, minta dia pilih lagu sesuai mood-nya. Itu bisa bantu untuk dia menyalurkan emosinya," kata Nadya.

Bunda bisa mulai kenalkan anak dengan musik sedini mungkin dan ajarkan mereka untuk ekspresif ya. Musik bisa membantu mengungkapkan perasaan yang sulit diungkapkan secara verbal oleh si kecil.

"Musik bisa menjadi sarana mengeskpresikan diri jika secara verbal susah mengungkapkan perasaannya. Lalu bagaimana pemaknaan anak tentang nada dan tempo musik juga bisa membantu tumbuh kembangnya," tutup Nadya.

Simak juga manfaat mengajak anak nonton drama musikal di video berikut, Bun.

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi