parenting

Tahapan Kenalkan Musik pada Anak Berdasarkan Usia

Annisa Karnesyia Sabtu, 20 Jul 2019 10:35 WIB
Tahapan Kenalkan Musik pada Anak Berdasarkan Usia
Jakarta - Musik adalah hal menyenangkan dan disukai hampir semua anak. Selain menjadi sarana bersenang-senang, musik dapat membantu anak berekspresi, Bun.

Kata psikolog Nadya Prameswari, sejak kecil anak sudah bisa kenalkan musik. Selain baik untuk aspek tumbuh kembang anak, musik dapat menjadi sarana si kecil mengekspresikan diri, terutama di usia balita.

"Untuk usia balita, musik bisa menjadi sarana mengeskpresikan diri jika secara verbal susah mengungkapkan perasaannya. Begitupun saat anak marah, musik menjadi sarana untuk menyalurkan energi dengan baik dan terarah," ujar Nadya dalam acara 'Launch of Musical Toys, Play & Grow with ELC Musical Toys' di GoWork, Pasific Place, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, baru-baru ini.


Lalu sejak usia berapa baiknya anak dikenalkan dengan musik? Menurut Nadya, usia 0 bulan, anak bisa mulai dikenalkan, namun di setiap tahap usia bentuk pengenalannya berbeda-beda.

Nah, berikut tahapan usia untuk mengenalkan anak dengan musik yang Bunda harus tahu.

1. Bayi usia 0 sampai 1 tahun

Di usia ini, Bunda bisa mengenalkan musik dengan bernyanyi. Bunda bisa ajak si kecil mendengarkan musik bersama dan membuat bunyi dengan alat main atau obyek sekitar lainnya.

2. Usia Toodler (1 sampai 3 tahun)

Musik sebagai sarana belajar sebab akibat bisa dikenalkan pada anak di usia ini. Di usia 1 - 3 tahun, anak juga mulai menari mengikuti irama lagu.

"Misalnya saya pukul alat musik ini, bunyinya begini. Saya petik yang ini, bunyinya beda lagi," ujar Nadya.

Tahapan Kenalkan Musik pada Anak Berdasarkan UsiaTahapan Kenalkan Musik pada Anak Berdasarkan Usia/ Foto: iStock

3. Usia Prasekolah (3 sampai 5 tahun)

Bermain musik dengan mengenalkan tempo dan nada pada anak bisa dilakukan di usia ini. Jadi, kalau musiknya cepat, gerakan menari juga cepat. Atau, bila temponya pelan, gerakannya pun pelan.

"Memang melalui gerakan, di usia prasekolah itu anak bermain alat musik dengan dikenalkan nada dan tempo," kata wanita yang juga salah satu founder Rumah Dandelion itu.

4. Usia sekolah (5 tahun ke atas)

Di usia ini anak sudah bisa diajarkan bermain alat musik tertentu. Bunda sudah bisa mengarahkan bakat sesuai minat anak melalui bermain alat musik.


Simak juga manfaat mengajak anak nonton drama musikal, dalam video berikut ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi