parenting

5 Manfaat Mendongeng untuk Anak

Radian Nyi Sukmasari Rabu, 20 Mar 2019 14:00 WIB
5 Manfaat Mendongeng untuk Anak
Jakarta - Tahukah Bunda kalau hari ini, 20 Maret, diperingati sebagai Hari Dongeng Sedunia? Nah, bicara tentang dongeng, siapa Bunda di sini yang masih hobi mendongeng untuk anak? Aktivitas ini baik dilakukan karena memberi beragam manfaat untuk anak.

Menurut YaeBin Kim, Ph.D., parenting and family literacy specialist di University of Nevada Cooperative Extension, dongeng bisa diberi ke anak bahkan sejak mereka di dalam kandungan. Atau saat bayi dan batita, Bunda dan Ayah bisa mendongeng hal-hal sederhana.

"Seperti pengalaman Anda hari itu, cukup jelaskan dengan bahasa sederhana. Atau, orang tua juga bisa mendongeng tentang hal-hal di keluarga ketika sedang berlibur. Sisanya, orang tua bisa mendongeng berbagai macam hal untuk sang anak," kata Kim dalam jurnal Family Storytelling and the Benefits for Children.



Nah, ketika orang tua rajin mendongeng untuk anak, ada lima manfaat yang bisa didapat si kecil, yaitu:

1. Meningkatkan kemampuan bahasa anak

Kata Kim, ketika orang tua bercerita, anak akan mendengar banyak kosakata baru. Dengan begini, kemampuan berbahasa dan berkomunikasinya meningkat, Bun. Untuk itu, jangan lupa ajak dia berinteraksi agar terjadi komunikasi dua arah. Dengan begitu, anak akan berlatih melakukan komunikasi dengan orang yang membawakan dongeng untuknya, sehingga kemampuan komunikasinya terasah.

2. Menambah konsentrasi

Saat mendengarkan cerita atau dongeng, pastinya anak butuh konsentrasi supaya dia bisa mengikuti alur cerita. Nah, maka dari itu ketika orang tua sering mendongeng untuk anak, salah satu manfaat yang bisa dirasa anak adalah dia lebih terlatih untuk berkomunikasi.

[Gambas:Instagram]


3. Mengasah imajinasi

Seniman dan pendongeng, Komang Jaya Uphadana, S.Sos yang akrab disapa Kak Komang mengatakan, mendongeng dapat merangsang imajinasi anak pada otak kanannya.


"Mendongeng itu interaksi visual antara pendongeng dengan anak-anak, sehingga dapat membangun otak kanan dan imajinasi mereka," kata Kak Komang, dikutip dari detikcom.

4. Meningkatkan rasa percaya diri anak

Kok bisa? Iya, Bun. Dikatakan Kim, ini terutama berlaku jika orang tua mendongengkan cerita terkait keluarga mereka. Dengan begini, anak tahu keluarganya bagaimana dan asal-usulnya seperti apa. Sehingga, si kecil lebih memahami dirinya dan lebih percaya diri dengan identitasnya.

5. Lebih dekat dengan orang tua

Ketika anak sering didongengkan oleh orang tuanya, otomatis akan tercipta bonding yang lebih lekat dengan orang tuanya. Studi menunjukkan, bonding yang erat antara anak dan orang tua bisa membuat anak lebih percaya diri, merasa aman, dan mau terbuka dengan orang tuanya. Kemampuan mereka dalam bersosialisasi pun lebih baik lho, Bun.

Itu dia lima manfaat mendongeng untuk anak, Bun. Gimana? Bunda sudah mendongeng untuk si kecil hari ini?

[Gambas:Video 20detik]

(rdn/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi