parenting

Daftar Makanan yang Bantu Menaikkan Berat Badan Si Kecil

Dwi Indah Nurcahyani Jumat, 22 Mar 2019 18:01 WIB
Daftar Makanan yang Bantu Menaikkan Berat Badan Si Kecil
Jakarta - Berat badan anak tak kunjung naik, pasti akan menimbulkan kepanikan tersendiri ya, Bun. Bahkan, ada sebagian Bunda yang mengira jika anaknya kurang gizi.

Berbagai cara Bunda lakukan demi membuat si kecil lebih gemuk dari sebelumnya. Hal ini penting dilakukan karena 1.000 hari pertama tumbuh kembang anak sangat penting untuk masa depannya. Dokter gizi klinis, Nurul Mutu Manikam menyarankan untuk memilih asupan penuh gizi yang juga bermanfaat untuk kecerdasan si kecil.

"Pada saat sudah di usia lewat dari dua tahun yang namanya tumbuh tinggi posturnya baik itu bisa dikejar, tapi pertumbuhan otak dan kecerdasan itu tidak bisa dibayar utangnya," kata Nurul di Jakarta, Rabu (20/3/2019).



Suzanne Ferrel, seorang ahli diet dan Direktur Cherry Creek Nutrition di Denver, menyarankan orangtua untuk segera membicarakan hal tersebut dengan dokter atau ahli gizi.

"Kami selalu berupaya membantu anak-anak yang kekurangan berat badan untuk menambah berat badan mereka secara sehat,"kata Ferrel.

Dalam meningkatkan berat badan anak, Ferrel pun memberikan saran untuk menyuguhkan menu-menu yang kaya nutrisi. Misalnya dengan memasukkan yoghurt murni, susu, keju dan menjadikan es krim, milk shake atau puding susu murni sebagai hidangan penutup.

Daftar Makanan yang Bantu Menaikkan Berat Badan Si KecilBayi makan/ Foto: Istimewa

Dalam menu sarapan, Bunda harus menyajikan makanan kaya protein. Seperti misalnya suguhan telur orak arik yang ditambahkan mentega dan keju. Kemudian, sajikan menu tersebut dengan irisan apel atau pisang untuk menambah kalori yang mereka butuhkan, Bun.

Oh ya, Bunda juga dapat menyuguhkan pancake atau waffle dengan mentega dan susu murni, yang disajikan bersama mentega dan sirup. Alternatif lainnya, Bunda juga dapat membuat roti yang dihidangkan dengan selai kacang, krim keju, atau butter untuk meningkatkan kalori anak. Atau jika memilih untuk menyuguhkan mie untuk si kecil, Bunda dapat menambahkan minyak zaitun atau mentega dan keju parmesan untuk meningkatkan kalori, Bun.

Perlu Bunda tahu, setiap gram lemak nabati yang ada dalam minyak zaitun mengandung sekitar 9 kalori. Sehingga, menjadi pilihan tepat untuk memasukkan minyak zaitun sebagai tambahan dalam makanan anak, Bun, seperti dikutip dari laman Parents.

Kacang juga menjadi pilihan tepat dalam mendongkrak berat badan anak, Bun. Pasalnya, kacang tidak hanya bergizi tinggi tetapi juga penuh dengan lemak sehat.


Agar lebih kaya nutrisi, Bunda dapat memasukkan buah seperti alpukat dan pisang sebagai asupan harian, Bun. Apalagi, buah-buahan ini sangat kaya kandungan kalorinya. Termasuk di dalamnya pisang yang memiliki kandungan kalium dan serat yang tinggi dimana bagus untuk membantu menaikkan berat badan.

Selamat mencoba, Bunda.

[Gambas:Video 20detik]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi