parenting

Takaran Susu yang Boleh Diberikan pada Anak Satu Tahun

Dwi Indah Nurcahyani Sabtu, 06 Apr 2019 19:00 WIB
Takaran Susu yang Boleh Diberikan pada Anak Satu Tahun
Jakarta - Susu memang banyak disukai anak-anak ya, Bun, termasuk anak satu tahun. Tak jarang, dalam sehari mereka bisa mengonsumsi susu hingga berbotol-botol. Sebenarnya hal ini diperbolehkan enggak sih, Bun?

Pertanyaan ini sebenarnya juga menjadi hal yang banyak ditanyakan ibu-ibu di luar sana. Mereka selalu mempertanyakan seberapa banyak anak 1 tahun dibolehkan mengonsumsi susu.

Dikutip dari Your Kids Table, tahun pertama kehidupan bayi memang menjadi masa krusial. Asupan susu pun menjadi hal terpenting perlu dipenuhi.

Di usia satu tahun, susu masih menjadi asupan penting bagi balita, Bun. Yang membedakan, anak berusia 1-2 tahun ini tentunya membutuhkan takaran susu dengan jumlah yang berbeda.


"Sebenarnya hanya ada dua hal yang harus diminum anak-anak yakni susu dan air,"kata Lisa Asta, MD, seorang dokter anak di Walnut Creek, CA, seperti dikutip dari laman WebMd.

Mengenai jumlah takaran susu yang sebaiknya diberikan untuk si kecil, Bunda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan masing-masing anak.

Untuk anak usia satu tahun, takaran yang direkomendasikan American Academy of Pediatrics (AAP) yakni sekira dua cangkir dalam satu hari, Bun. Balita juga bisa diberikan minum susu hingga 18-20 ons, atau sekitar 530 ml dalam sehari selama mereka makan dengan baik.

Takaran Susu yang Boleh Diberikan pada Anak Satu TahunTakaran minum susu anak satu tahun/ Foto: shutterstock

Jadi, jangan terlalu berlebihan memberikan si kecil susu ya, Bun. Sumber makanan alami tetap menjadi prioritas utama dalam asupan harian si kecil, Bun. Penuhi nutrisi terbaik si kecil, agar tumbuh kembangnya berjalan maksimal.

Bagi anak-anak yang tidak suka susu, lakukan berbagai trik agar mereka tertarik mengonsumsi susu demi memenuhi nutrisi yang diperlukan. Berikut ini beberapa ide yang bisa dilakukan, Bun:

1. Buatlah suasana yang menyenangkan untuk si kecil, dengan menyuguhkan susu dalam cangkir lucu atau dengan sedotan yang unik.

2. Olah susu dengan berbagai kreativitas hidangan. Bunda bisa mencampur susu ke dalam sup, oatmeal, atau makanan lainnya.

3. Tambahkan sedikit cokelat atau stroberi ya, Bun, untuk menambah rasa pada susu.

Semoga berhasil ya, Bun! Bunda, bisa melihat resep olahan susu dalam video di bawah ini lho.

[Gambas:Video 20detik]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi