sign up SIGN UP search


parenting

Alasan Si Kecil Tak Boleh Langsung Diberi Susu Setelah Minum Obat

Dwi Indah Nurcahyani Senin, 24 Feb 2020 18:28 WIB
Beberapa orang tua tidak menyadari kalau sebenarnya anak yang baru minum obat, tidak boleh langsung diberikan susu. Simak alasannya yuk, Bun! caption
Jakarta - Si kecil sedang tidak enak badan, Bun? Sudah tahu belum, kalau obat dan susu sebaiknya tidak diberikan berbarengan?

Hal tersebut tidak disarankan karena dapat mengurangi efektivitas obat yang dikonsumsi, Bun. Biasanya, setelah minum obat si kecil merengek minta susu. Nah, hal ini memang menjadi dilema tersendiri bagi para Bunda ya.


Walau sulit untuk mengalihkannya, sebaiknya keinginan si kecil tersebut tidak dipenuhi dulu. Apalagi, kalau si kecil usai mengonsumsi antibiotik.


Melansir Thedailystar, beri jeda waktu agar obat-obatan atau antibiotik diserap tubuh sehingga bekerja bisa lebih efektif. Obat oral pun harus diserap melalui saluran pencernaan sehingga memasuki aliran darah dan dikirim ke area yang sakit.

Alasan Si Kecil Tak Boleh Langsung Diberi Susu Setelah Minum ObatAlasan anak tidak boleh diberi susu usai minum obat/ Foto: shutterstock

"Keluarga klasik antibiotik yang tidak dapat dikonsumsi dengan susu adalah tetrasiklin, karena kalsium susu dapat mengikat antibiotik dan mencegah penyerapan ke usus," ujar Dr Richard Liebowitz, seperti dikutip dari laman Everydayhealth.

Pada sebagian besar antibiotik, makanan menghasilkan penurunan penyerapan atau tidak memiliki efek. Namun, ada beberapa antibiotik yang bisa dikonsumsi bersama makanan. Dengan catatan, makanan tersebut tidak memiliki dampak yang signifikan terhadap penyerapan dan dapat mengurangi potensi gangguan perut dari obat-obatan.

   

Selain itu, sangat penting untuk mengikuti petunjuk pada botol resep, karena apoteker sudah mempertimbangkan dosis dan waktu yang tepat untuk obat-obatan tersebut. Tidak mengikuti petunjuk dapat menyebabkan antibiotik gagal menyembuhkan infeksi.

Jadi, ada baiknya memberikan jeda waktu setelah si kecil minum obat sebelum kembali memberikannya susu ya, Bun.

Semoga membantu!

Bunda, simak yuk kandungan susu yang bagus untuk otak anak dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi