parenting

Bunda, Intip Tips Memberi Susu Segar pada Anak Satu Tahun

Dwi Indah Nurcahyani Senin, 08 Apr 2019 17:30 WIB
Bunda, Intip Tips Memberi Susu Segar pada Anak Satu Tahun
Jakarta - Saat si kecil memasuki usia satu tahun, banyak Bunda ingin memberikan susu tambahan di luar ASI. Namun, mereka masih kebingungan memilih jenis susu yang terbaik untuk anaknya.

Mereka menimbang nutrisi yang ada di dalam susu formula, susu UHT dan susu murni atau biasa disebut susu segar. Lalu, apakah susu murni aman diberikan pada anak di atas satu tahun?

Dikutip dari Very Well Family, Bunda boleh memberikan susu murni pada si kecil. Jika mereka sudah terbiasa dengan susu formula, Bunda bisa bertahap mengganti isi botol mereka dengan susu segar. Lakukan terus-menerus selama beberapa minggu sampai mereka terbiasa dengan rasa dan aroma susu murni.



Agar lebih mudah, Bunda dapat memberikannya saat si kecil minum susu di siang hari. Waktu ini dianggap lebih efektif, Bun, dibanding waktu minum susu di pagi dan malam hari. Biasanya dua waktu tersebut menjadi momen paling sulit untuk digantikan dengan isi susu lainnya, Bun.

Jika cara tersebut masih belum efektif, Bunda dapat menggunakan metode lainnya. Misalnya, Bunda dapat mencampur susu formula dengan susu murni bersama-sama. Di awal-awal, cukup tambahkan sedikit susu murni ya, Bun, sehingga sebagian besar yang ada di botolnya adalah susu formula.



Setelah berjalan beberapa hari,mulailah
Bunda, Intip Tips Memberi Susu Segar pada Anak Satu TahunTips berikan susu segar pada anak satu tahun/ Foto: shutterstock
menambahkan susu murni dengan komposisi lebih banyak daripada susu formula. Dengan cara ini, perlahan si kecil akan terbiasa dengan rasa yang disuguhkan, Bun. Tujuan akhir dengan tidak memberikan susu formula sama sekali.

Penting diingat nih, Bun, bahwa pemberian susu sapi ini dapat diberikan pada bayi ketika mereka menginjak usia satu tahun ya. "Secara resmi, susu dapat menjadi minuman utama anak pada usia satu tahun,"kata Russel Horton, seorang dokter anak di Banner Health Center di Queen Creek, Arizona, seperti dikutip dari laman The Bump.

Sebelum si kecil menginjak usia satu tahun, sebaiknya Bunda tidak memberikan susu sapi terlebih dahulu. Alasannya, perut bayi belum siap mencerna susu sapi dalam volume besar, Bun, seperti halnya ASI atau susu formula.

"Sebelum usia satu tahun, bayi yang minum susu sapi dapat mengalami iritasi pada lapisan usus dimana menyebabkan kehilangan darah dan risiko anemia,"kata Ari Brown, seorang dokter anak di Austin.



Bersamaan dengan Bunda mengenalkan si kecil susu murni, agenda menyusui tetap dapat dilakukan lho Bun. "Bunda masih bisa menyusui sambil melakukan transisi ke susu sapi. Pilihan untuk berhenti menyusui adalah keputusan pribadi dan tidak ada batas waktu kapan harus menyapih bayi,"kata Horton.

Bunda, intip juga yuk penjelasan mengenai berbagai macam susu dan manfaatnya dalam video di bawah ini.

[Gambas:Video 20detik]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi