sign up SIGN UP search


parenting

Mana yang Lebih Baik, Susu Formula atau Susu Sapi Biasa?

Inkana Putri Selasa, 01 Sep 2020 13:03 WIB
Caucasian toddler girl is drinking milk in living room. caption
Jakarta -

Setiap orang tua tentu ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya, termasuk dalam urusan nutrisi. Susu menjadi salah satu asupan nutrisi tambahan bagi anak, namun pemilihan susu menjadi hal yang sering sekali membingungkan. Beberapa orang banyak yang mempertanyakan mana yang lebih baik antara susu formula pertumbuhan atau susu sapi.

Melansir Healthy Children, bayi umumnya tidak mudah mencerna susu sapi biasa semudah mencerna susu formula. Selain itu, susu sapi juga mengandung protein dan mineral tinggi yang membuat stres pencernaan bayi. Bahkan, Head of Medical Kalbe Nutritionals dr. Muliaman Mansyur mengatakan susu sapi tidak memiliki nutrisi yang cukup untuk tumbuh kembang bayi seperti yang terkandung dalam susu formula

"Susu formula adalah nutrisi yang bisa menunjang pertumbuhan dan perkembangan anak dan pada umumnya berbentuk powder. Berdasarkan bahannya, susu formula berbahan dasar protein susu sapi dan isolat protein kedelai (soya). Di samping protein, susu pertumbuhan ini memang dilengkapi dengan karbohidrat, lemak dan zat gizi lain yang dibutuhkan bayi dan anak untuk melengkapi nutrisi hariannya untuk tumbuh dan kembang," ujarnya kepada HaiBunda baru-baru ini.


Kandungan protein di dalam susu formula juga umumnya sesuai dengan kebutuhan si kecil. Berdasarkan Recommended Dietary Allowances (RDAs), anak usia 1-3 tahun membutuhkan protein sebanyak 13 gram per harinya. Oleh karena itu, Bunda bisa beri si kecil susu formula pertumbuhan untuk melengkapi nutrisi hariannya.

Dr. Muliaman juga menambahkan kurangnya nutrisi dalam susu biasa disebabkan karena susu sapi belum ditambahkan nutrisi apa pun, dan tidak memiliki spesifikasi usia. Sementara, susu formula pertumbuhan telah dilengkapi nutrisi untuk perkembangan otak.

"Susu pertumbuhan peruntukan umurnya jelas, untuk anak 1-5 tahun dan ditambahkan nutrisi-nutrisi untuk otak, daya tahan tubuh dan tumbuh kembang optimal dan sesuai dengan usia, yang tidak ada di susu biasa," katanya.

Selain sebagai sumber energi, protein juga berfungsi untuk tumbuh kembang si kecil, mulai dari memperkuat otot hingga daya tahan tubuh seperti yang dikutip dari first cry parenting berikut ini.

Memperkuat Otot

Selain menjadi sumber energi, protein dalam susu bisa membantu dalam membangun, memelihara, dan mengganti jaringan dalam tubuh. Protein juga merupakan bahan penyusun dan nutrisi terpenting untuk memperkuat otot si kecil. Dengan mengonsumsi protein yang cukup, ini tentunya akan berdampak baik terhadap pertumbuhan dan kekuatan ototnya.

Membantu Pertumbuhan Sel

Sel menjadi bagian terkecil dalam tubuh namun memiliki manfaat yang besar dalam tubuh. Protein diperlukan untuk pembentukan dan regenerasi sel di dalam tubuh si kecil. Terpenuhinya kebutuhan protein si kecil akan membantu pengisian darah, menyembuhkan luka dan juga mengatur pertumbuhan rambut dan kuku.

Meningkatkan Metabolisme

Tak hanya membantu pertumbuhan sel dan otot si kecil, protein ternyata juga memiliki manfaat lain bagi sistem metabolisme. Di dalam tubuh, protein berfungsi memastikan metabolisme tubuh tetap dalam kondisi sehat. Dengan begitu, aktivitas bernapas, mencerna makanan, mengalirkan darah dan lainnya dalam tubuh si kecil bisa bekerja dengan normal.

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Di tengah pandemi, tentunya bunda ingin si kecil terhindar dari infeksi virus dan penyakit. Selain vitamin, ternyata protein juga mampu membantu menjaga sistem kekebalan dalam tubuh si kecil. Protein bekerja sebagai antibodi yang memberikan bantuan pada sistem kekebalan tubuh sehingga kuat dan melawan bakteri dan virus penyebab penyakit

Nah, itu dia perbedaan susu sapi biasa dengan susu formula. Meskipun sama-sama mengandung protein, tentunya protein dalam susu formula lebih bermanfaat karena telah disesuaikan bagi tubuh si kecil. Susu formula juga memiliki nutrisi lainnya sehingga memberikan banyak manfaat bagi tumbuh kembangnya. Oleh karena itu, pastikan selalu berikan si kecil susu sapi formula ya Bun.

Jika si kecil memiliki alergi terhadap protein susu sapi, Bunda bisa memberinya Morinaga Chil Kid Soya yang berasal dari 100% isolat protein kedelai berkualitas yang jumlahnya disesuaikan dengan kebutuhan perkembangan anak. Morinaga Chil Kid Soya juga mengandung AA-DHA, AAL, AL, serta Kolin yang mampu mendukung pertumbuhan otak anak. Sementara, Kalsium dan Vitamin D mampu mengoptimalkan tumbuh kembangnya.

(mul/ega)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi