parenting

4 Pilihan Makanan Bantu Redakan Baby Blues

Dwi Indah Nurcahyani Jumat, 12 Apr 2019 19:04 WIB
4 Pilihan Makanan Bantu Redakan Baby Blues
Jakarta - Seringkali, baby blues menimpa para Bunda yang baru melahirkan. Faktor kelelahan, ditambah dengan emosi yang tak stabil pascapersalinan membuat Bunda rentan mengalami depression postpartum.

Dikatakan Catherine Monk, PhD, Asisten profesor psikologi klinis di Departemen Psikiatri dan Obstetri di Columbia University College of Physicians and Surgeons, baby blues umum dialami para Bunda setelah melahirkan. Kekacauan emosi setelah melahirkan seperti ini harus segera ditangani ya, Bun.


"Baby blues sangatlah normal terjadi dan sangat umum. Memiliki bayi, bahkan jika bayi tersebut merupakan anak kedua atau ketiga memang menjadi perubahan besar dalam hidup Bunda. Tetapi, hormon-hormon yang berfluktuasi ketika tubuh Bunda berubah dari hamil menjadi tidak hamil memang dapat menyebabkan perubahan suasana hati yang besar," kata Monk, dikutip dari Web MD.


Meski menghindari risiko tersebut bukanlah pekerjaan yang mudah, Bunda dapat melakukan tindakan preventif lho untuk menjauhkan serangan baby blues tersebut. Melansir Herfamily, ada beberapa makanan ampuh yang dapat membantu Bunda mengontrol gejolak suasana hati yang biasanya timbul usai melahirkan. Berikut ini diantaranya, Bun.

1. Salmon
4 Pilihan Makanan Bantu Redakan Baby BluesSalmon/ Foto: dok. detikFood

Ikan yang kaya akan DHA dan asam lemak omega 3 ini memang sangat penting dikonsumsi untuk ibu baru. Apalagi, kehamilan dan menyusui dapat menghabiskan banyak energi dan nutrisi. Sehingga mengasup makanan yang kaya nutrisi omega 3 dapat membantu meminimalisir serangan baby blues.

2. Telur

Telur kaya akan protein dan kolin yang dapat menyehatkan otak. Telur juga merupakan protein lengkap dan mengandung proporsi optimal dari semua asam amino essensial yang merupakan pondasi untuk neurotransmiter, pertumbuhan, dan peremajaan. Protein pun sangat penting untuk menyembuhkan baby blues pascapersalinan, seperti halnya memberi makan otak, Bun. Sementara kolin dapat meningkatkan fungsi saraf dan hati dimana dapat memupuk metabolisme yang sehat dan tingkat energi yang lebih baik.

3. Bayam
4 Pilihan Makanan Bantu Redakan Baby BluesBayam/ Foto: detikFood/iStock

Bayam dan sayuran hijau lainnya seperti kale mengandung banyak zat besi yang memainkan peran utama untuk pasokan darah, Bun. Kehamilan diketahui akan meningkatkan volume darah dan akan berkurang secara dramatis saat persalinan. Itu sebabnya, banyak wanita setelah melahirkan rentan mengalami penurunan kadar zat besi. Untuk itu, memenuhi asupan zat besi sangatlah penting untuk membantu menangkal kehadiran baby blues.


4. Dark chocolate

Dark chocolate dapat memberikan keajaiban bagi kesehatan dan suasana hati, Bun. Cokelat diketahui dapat merangsang produksi endorfin, bahan kimia di otak yang memicu perasaan senang dan euforia. Cokelat juga merupakan sumber makanan tryptophan, amino acid precursor untuk serotonin yang dapat berfungsi sebagai anti depresan.

Selamat mencoba, Bun!

Bunda simak juga yuk penuturan Zee Zee Shihab mengenai baby blues dalam video di bawah ini!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi