parenting

Mengenal Psoriasis, Penyakit Kulit yang Dialami Kim Kardashian

Asri Ediyati Minggu, 17 Mar 2019 07:00 WIB
Mengenal Psoriasis, Penyakit Kulit yang Dialami Kim Kardashian
Los Angeles - Baru-baru ini, Kim Kardashian West kembali curhat tentang penyakit kulit yang dialaminya sejak 2011. Pada hari Senin (11/03/2019), bintang berusia 38 tahun itu terbuka tentang perjuangannya melawan penyakit psoriasis. Kardashian pun berbagi video di Instagram Stories-nya, dengan menunjukkan luka yang ada di wajahnya.

"Wajah Psoriasis," tulis Kardashian West.

Kardashian West juga mengunggah foto selfie-nya dengan wajah yang diolesi salep herbal berwarna gelap. Ibu tiga anak itu juga mengunggah foto kakinya yang penuh ruam.


Kembali pada bulan Desember, Kardashian West meminta nasihat pada penggemarnya karena kondisinya memburuk.

"Saya pikir sudah saatnya saya memulai pengobatan untuk psoriasis. Saya belum pernah melihatnya seperti ini sebelumnya dan saya bahkan tidak bisa membahasnya pada saat ini. Psoriasis benar-benar mengambil alih tubuh saya. Adakah yang pernah mencoba obat untuk psoriasis & jenis apa yang paling baik. Butuh bantuan segera!" tulisnya di Twitter.
Kim Kardashian West mengalami psoriasis/ Kim Kardashian West mengalami psoriasis/ Foto: Instagram (@kimkardashian)

Psoriasis yang dialami Kardashian West merupakan penyakit turunan dari keluarganya. Sang ibu, Kris Jenner juga mengalaminya. Sejak itu, Kardashian West telah mencoba sejumlah solusi termasuk terapi cahaya dan minuman detox smoothie.

Psoriasis adalah kondisi kulit umum yang mempercepat siklus hidup sel-sel kulit. Ini menyebabkan sel-sel menumpuk dengan cepat di permukaan kulit. Sel-sel kulit ekstra membentuk sisik dan bercak merah yang gatal dan kadang menyakitkan, demikian dikutip dari Mayo Clinic.

Psoriasis adalah penyakit kronis yang 'datang dan pergi'. Karena tak ada obatnya, perawatan psoriasis biasanya bertujuan untuk menghentikan sel-sel kulit agar tidak tumbuh begitu cepat. Pasien juga diarahkan untuk menjaga gaya hidupnya seperti sering pakai pelembap, berhenti merokok, dan mengelola stres.

Gejala psoriasis

Tanda dan gejala psoriasis berbeda untuk semua orang. Tanda dan gejala umum meliputi:

1. Bercak merah pada kulit ditutupi dengan sisik tebal berwarna perak

2. Tempat bersisik kecil (biasanya terlihat pada anak-anak)

3. Kulit kering dan pecah-pecah yang mungkin berdarah

4. Gatal, terbakar atau pegal

5. Kuku menebal, berlubang atau bergerigi

6. Sendi yang bengkak dan kaku

Penyebab

Penyebab psoriasis tidak sepenuhnya diketahui, tetapi diduga terkait dengan masalah sistem kekebalan dengan sel T dan sel darah putih lainnya, yang disebut neutrofil, di dalam tubuh. Sel T biasanya bergerak melalui tubuh untuk bertahan melawan zat asing, seperti virus atau bakteri. Tetapi pada penderita psoriasis, sel-sel T menyerang sel-sel kulit sehat secara tidak sengaja, seolah menyembuhkan luka atau melawan infeksi.

Kita doakan agar Kim Kardashian West cepat sembuh ya, Bun.

(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi