parenting

Bunda, Diet Bukan Cara Tepat Atasi Obesitas pada Anak

Yuni Ayu Amida Senin, 22 Apr 2019 08:02 WIB
Bunda, Diet Bukan Cara Tepat Atasi Obesitas pada Anak
Jakarta - Saat Bunda sadar bahwa si kecil memiliki berat badan berlebih, jangan paksa mereka untuk diet ya, Bun. Ada hal lebih baik yang bisa Bunda lakukan untuk menurunkan berat badan anak. Simak penuturan ahli ini ya.

Dikatakan dokter spesialis anak Dr.dr.Damayanti Rusli Sjarif, Sp.A(K), untuk mengatasi obesitas pada anak-anak, jangan suruh mereka diet. Karena diet bagi anak-anak adalah siksaan.

"Begitu jadwal diet selesai, anak-anak akan melampiaskan lagi keinginan makannya dan kembali gemuk. Yang perlu dilakukan hanyalah sederhana, yaitu mengubah pola makan," kata Damayanti, dikutip dari detikcom.



Damayanti menyoroti bahwa kebanyakan anak gemuk di Indonesia adalah anak-anak yang orang tuanya mampu namun sibuk. Hal ini membuat kurangnya kontrol dari orang tua terhadap nutrisi anak.

"Apalagi saat ini, makanan junk food bisa dipesan antar. Tanpa adanya kontrol dari orang tua, anak-anak ini makin besar risikonya menjadi obesitas," jelas Damayanti.

Mengubah pola makan yang dimaksud Damayanti adalah, meski tetap boleh makan banyak, anak harus disiplin tidak boleh makan lebih dari tiga kali sehari. Hindari junk food dan minuman ringan ya, Bun.

Bunda, Diet Bukan Cara Tepat Atasi Obesitas pada AnakIlustrasi diet pada anak obesitas/ Foto: iStock
Selain itu, mereka harus banyak makan sayur, buah, dan minum air putih. Namun, yang paling penting untuk mengatasi obesitasnya adalah kontrol dari orang tua dan keinginan si anak tersebut.

Sejalan dengan Damayanti, psikolog anak dan keluarga, Gisella Tani Pratiwi, M.Psi. yang akrab disapa Ella, menuturkan bahwa pola makan yang tepat pada anak dapat berpengaruh baik pada perkembangannya. Itu sebabnya harus dibiasakan sejak dini.

Nah, agar anak terbiasa dengan pola makan sehat, kata Ella, orang tua bisa menggunakan strategi memilih makanan pada anak. Misalnya menjabarkan menu makanan yang akan dikonsumsi agar anak memahami gizi dari makanan tersebut.

"Makanan hari ini menunya ada sayur, lauk, buah, makanan pokok, nah kamu makan yang mana dulu, Nak? Lalu beri pengertian juga 'kamu harus makan ini supaya seimbang gizinya'," jelas Ella.


Selamat mencoba dan semoga berhasil ya, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi