parenting

Selamat Hari Buku Sedunia, Simak 7 Kutipan dari Tokoh Inspiratif

Asri Ediyati Selasa, 23 Apr 2019 19:30 WIB
Selamat Hari Buku Sedunia, Simak 7 Kutipan dari Tokoh Inspiratif
Jakarta - Hari Buku Sedunia adalah perayaan untuk mempromosikan kenikmatan membaca buku. Setiap tahun, pada tanggal 23 April, perayaan dilakukan di seluruh dunia untuk mengenali ruang lingkup buku, yang merupakan penghubung antara masa lalu dan masa depan, jembatan antara generasi, dan lintas budaya.

Mengutip dari laman resmi UNESCO, 23 April adalah tanggal simbolis dalam sastra dunia. Ini adalah tanggal di mana beberapa penulis terkemuka, William Shakespeare, Miguel Cervantes dan Inca Garcilaso de la Vega meninggal dunia.

Tanggal ini adalah pilihan untuk Konferensi Umum UNESCO, yang diadakan di Paris pada tahun 1995, untuk memberikan penghargaan terhadap buku dan penulis di seluruh dunia. Selain itu UNESCO mendorong semua orang untuk membaca buku.


"Buku adalah bentuk ekspresi budaya yang hidup melalui dan sebagai bagian dari bahasa yang dipilih. Setiap publikasi dibuat dalam bahasa yang berbeda dan dimaksudkan untuk pembaca. Dengan demikian, sebuah buku ditulis, diproduksi, dipertukarkan, digunakan dan dihargai dalam pengaturan bahasa dan budaya tertentu," ujar Direktur Jenderal UNESCO Audrey Azoulay.


Tahun ini, disebutkan Azoulay, UNESCO menyoroti dimensi penting tersebut karena 2019 menandai Tahun Internasional Bahasa Adat. Hajatan besar itu untuk menegaskan kembali komitmen masyarakat internasional dalam mendukung masyarakat adat untuk melestarikan budaya, pengetahuan, dan hak-hak mereka.
Selamat Hari Buku Sedunia, Simak 7 Kutipan Inspiratif Tokoh TerkenalFoto: iStock
Nah, biar makin menginspirasi dan menggenjot semangat Bunda dan si kecil membaca buku. Simak tujuh kutipan inspiratif dari tokoh terkenal.

1. "Buku kita, pena kita adalah senjata terkuat." -Malala Yousafzai, aktivis pendidikan perempuan asal Pakistan dan pemenang Nobel Prize termuda.

2. "Sekali kamu belajar membaca, kamu akan selamanya bebas." -Frederick Douglass, reformis sosial Amerika, abolisionis, orator, penulis, dan negarawan.

3. "Buku adalah portabel sihir yang unik." -Stephen King, penulis horor, fiksi supernatural, ketegangan, fiksi ilmiah, dan fantasi Amerika.


4. "Semakin banyak kamu membaca, semakin banyak hal yang akan kamu ketahui. Semakin banyak yang kamu pelajari, semakin banyak tempat yang akan kamu tuju." -Dr. Seuss, penulis buku anak-anak, kartunis politik, dan animator.

5. "Jika kamu tidak suka membaca, kamu belum menemukan buku yang tepat." -J.K. Rowling, penulis buku Harry Potter.

6. "Tidak ada yang berbicara kepada kita sekuat buku." -Herta Muller, novelis dan penulis puisi dari Jerman yang mendapat hadiah Nobel untuk bidang sastra di 2009.

7. Jika kamu ingin anak-anak menjadi cerdas, bacakan dongeng untuk mereka. Jika kamu ingin mereka lebih pintar, bacakan lebih banyak dongeng."- Albert Einstein, ilmuwan bidang fisika.

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi