sign up SIGN UP search


parenting

Rekomendasi Pilihan Buku untuk Anak 1-6 Tahun Sesuai Kemampuan Berpikirnya

Annisa Karnesyia Minggu, 02 May 2021 12:19 WIB
Happy mother and little daughter reading book, sitting on comfortable couch in living room, smiling mum teaching little girl child, family spending weekend at home together, children education caption
Jakarta -

Membaca buku bisa memberikan manfaat bagi tumbuh kembang si Kecil, Bunda. Buku dapat mengasah kemampuan literasi dan perkembangan otaknya lho.

Menurut psikolog Fathya Artha Utami, M.Sc., M.Psi, aktivitas membaca dapat membuat anak mengerti tentang tokoh serta mengasah kemampuan sosial dan emosionalnya. Pada akhirnya, dapat mengendalikan emosi dan bersikap empati.

"Membaca buku dapat membuat anak seperti terlibat di dalam cerita. Di dalamnya ada tokoh, konflik, dan cara penyelesaiannya yang bisa mengembangkan empati anak," kata Fathya dalam Webinar dan Peluncuran Program BACA 'Dukung Anak Hebat Berliterasi dengan Asupan Gizi Seimbang dan Pola Asuh Orang Tua' bersama Danone Indonesia via Zoom, Jumat (23/4/21).


"Anak juga mudah mengenal kebaikan dengan meniru tokoh baik di cerita. Mereka pun dapat mengetahui perilaku baik dan kenapa perlu melakukan hal tersebut. Misalnya, kenapa perlu menolong sesama atau berbagi," sambungnya.

banner doa mantan istri uasbanner doa mantan istri uas/ Foto: haibunda.com/Mia Kurnia Sari

Membaca buku ternyata bisa mengaktifkan bagian otak yang berfungsi dalam perkembangan bahasa anak, Bunda. Fathya menyarankan agar membaca buku dijadikan rutinitas anak dalam satu hari untuk mengimbangi penggunaan media online dan offline.

Bagi anak yang masih kecil, Bunda perlu mendampingi anak membaca ya. Tidak ada batas waktu untuk membaca, namun sebaiknya sesuaikan dengan usia dan kemauan anak.

"Karena kita ingin anak punya pengalaman saat membaca, jadi tidak ada batas waktu. Tapi jangan dipaksa ya. Lihat pergerakan anak dan buatlah kegiatan ini menjadi semenarik mungkin," ujar Co-founder Tiga Generasi ini.

Tidak semua jenis buku bisa dikenalkan anak di semua jenjang usia, Bunda. Pilihan buku yang dibaca harus menyesuaikan usia dan kemampuan akan ya.

Berikut pilihan jenis buku membaca untuk anak usia 1-6 tahun yang sesuai dengan kemampuannya:

1. Usia 1-2 tahun

Di usia ini, anak sudah bisa memegang buku, mengucapkan kata sederhana, dan berinteraksi dua arah. Si Kecil biasanya akan merespons dengan senyuman ketika menunjuk ke buku bacaan, Bunda.

Pilihan buku bacaan yang sesuai untuk usia ini adalah buku papan (board book), buku berima (rhyming book), buku bergambar, atau buku yang menyebutkan sesuatu. Bunda dapat melakukan aktivitas ini menjelang waktu tidur ya.

Penjelasan lengkap, baca halaman berikutnya ya.

Simak juga cara menumbuhkan minat baca di era pandemi, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Pilihan Jenis Buku Membaca untuk Anak 1-6 Tahun Sesuai Kemampuannya/ PILIHAN BUKU ANAK USIA 1-6 TAHUN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi