parenting

Anak Alergi Telur Pasti Alergi Pula pada Daging Ayam?

Melly Febrida Rabu, 01 May 2019 14:39 WIB
Anak Alergi Telur Pasti Alergi Pula pada Daging Ayam?
Jakarta - Alergi makanan menjadi masalah yang paling sering dialami anak-anak. Telur menjadi salah satu makanan yang paling sering menimbulkan alergi. Tapi, jangan salah sangka ya, Bun. Meski telur dihasilkan ayam, pada anak yang alergi telur ayam belum tentu mereka alergi juga dengan daging ayam.

Sekitar 20 persen anak di usia satu tahun pertama pernah mengalami reaksi dari makanan yang diberikan, termasuk reaksi alergi. Menurut Dr. dr. Zakiudin Munasir, Sp.A(K), Konsultan Alergi-Imunologi Anak angka kejadian alergi makanan dalam dekade terakhir ini tampaknya meningkat.

Menurut Zakiudin, makanan yang paling sering menimbulkan alergi antara lain susu sapi atau kambing, telur, kacang-kacangan, ikan laut, kedelai, dan gandum. Nah, telur ayam merupakan alergen yang sering memengaruhi anak-anak, terutama yang memiliki dermatitis atopik.




"Kuning telur dianggap kurang alergenik daripada putih telur. Putih telur mengandung sekitar 23 glikoprotein dan yang merupakan alergen utama adalah ovalbumin, ovomucoid, dan ovotransferrin," kata Zakiudin dalam bukunya yang berjudul Mengenal Alergi pada Anak.

Zakiudin bilang, anak yang alergi telur belum tentu alergi daging atau bulu ayam. Meski demikian, reaksi alergi bisa timbul apabila anak diberi vaksin yang ditanam pada kuning telur seperti vaksin campak.



"Antibodi IgE spesifik terhadap putih telur terbukti juga mempunyai reaksi silang dengan proteim telur jenis unggas lain," katanya.

Anak Alergi Telur Pasti Alergi Pula pada Daging Ayam?Ilustrasi telur/ Foto: iStock
Berbicara alergi telur, beberapa vaksin ada yang terbuat dari protein telur. Itu sebabnya, orang yang alergi telur berhati-hati ketika vaksinasi. Misalnya saja untuk vaksinasi MMR (Measles, Mumps, Rubella). Sebab, vaksin ini dibuat di dalam embrio anak ayam. Sehingga, diperkirakan ada jejak protein telur di vaksin MMR.

"Anak-anak yang alergi telur seharusnya tak masalah mendapat vaksin MMR. Sampai saat ini, belum ada laporan bahwa anak dengan alergi telur dan mendapat vaksin MMR kemudian mengalami masalah," kata Dr.Dawn Lim, dokter anak yang fokus di bidang alergi, dalam bukunya Childhood Allergies.

[Gambas:Video 20detik]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi