parenting

6 Tips Persiapan Saat Hendak Ajak Anak Salat Tarawih

Annisa Karnesyia Selasa, 07 May 2019 17:30 WIB
6 Tips Persiapan Saat Hendak Ajak Anak Salat Tarawih
Jakarta - Bulan Ramadhan enggak lengkap kalau belum ikut salat tarawih, Bun. Salat tarawih juga bisa menjadi momen pas untuk mengajari anak tentang ketentuan salat sunah berjemaah.

Meskipun mendidik dan mengajak anak tarawih juga punya tantangan, enggak ada salahnya bila Bunda berniat mengajak si kecil tarawih. Tapi, ketika usia anak masih balita alias di bawah lima tahun, mereka umumnya lebih mudah rewel.

"Ada beberapa anak yang bersikap baik di masjid saat tarawih. Tapi, ada juga yang melakukan hal-hal berbahaya sehingga butuh perhatian ekstra dari orang tuanya," kata Hena Zuberi, konsultan remaja dan direktur muda di Unity Center, dikutip dari Muslim Matters.



Menurut Zuberi, banyak orang tidak mengerti tujuan orang tua membawa anak tarawih. Padahal, masalahnya bukan tentang membawa anak ke masjid, tapi bagaimana menjadikan momen beribadah ke masjid sebagai pengalaman positif bagi anak.

Dilansir Muslim Girl, berikut enam tips persiapan agar anak enggak cepat bosan dan rewel saat ikut tarawih.

1. Bekerja sama dengan jemaah lain

Cobalah diskusikan dengan jemaah lain untuk menyiapkan tempat aman bagi anak bermain. Atau, minta bantuan dari pihak yang bisa dipercaya dan bersedia menjaga anak. Bila tidak bisa, cobalah diskusikan dengan pasangan untuk bergantian menjaga anak saat tarawih.

2. Dorong anak untuk ikut tarawih

Anak suka berpura-pura menjadi orang dewasa. Doronglah mereka untuk ikut tarawih, minimal salat beberapa rakaat, Bun.

Bagi anak yang sudah lebih dewasa, beri penjelasan sebelum salat. Ajari mereka untuk menghormati orang lain yang beribadah dengan tidak berisik.

3. Membawa gadget

Telepon genggam, tablet, dan beberapa gadget bisa disiapkan agar anak tidak rewel saat Bunda tarawih. Bunda bisa mengunduh konten-konten Ramadhan atau tentang pelajaran agama untuk ditonton anak.

Anak bermain/Anak bermain/ Foto: istock


4. Beri ruang anak untuk berekspresi


Agar anak enggak rewel, Bunda bisa membawa buku mewarnai ke masjid. Biarkan anak sibuk saat dia mulai bosan.

Untuk anak yang lebih dewasa, cobalah mainkan permainan jurnalis. Ajak anak mencatat semua yang dia lihat dan rasakan sepanjang tarawih.

5. Siapkan peralatan tidur sederhana

Bunda bisa membawa bantal atau selimut kesayangan anak. Selain itu, juga bisa mengatur tempat untuk anak tidur saat mulai mengantuk, misalnya sajadah yang sengaja dibawa dari rumah.

6. Buat tas atau kotak mainan anak

Buatlah tas dari tempat plastik dengan penutup seperti tas jinjing. Isi dengan mainan edukatif sesuai usia anak, seperti mainan balok, stiker, atau boneka jari.

Siapkan juga makanan ringan agar perhatian anak teralihkan. Pilihlah jenis mainan dan makanan yang sifatnya mudah dirapikan, Bun.

Karena perhatian anak mudah teralihkan, tidak ada salahnya Bunda mencoba tips di atas.

[Gambas:Video 20detik]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi