parenting

Kiat Ustaz Solmed Melatih Anak Berpuasa di Usia 5 Tahun

Muhayati Faridatun Rabu, 08 May 2019 03:03 WIB
Kiat Ustaz Solmed Melatih Anak Berpuasa di Usia 5 Tahun
Jakarta - Ustaz Solmed memanfaatkan momen Ramadhan kali ini untuk melatih anak sulungnya, Sulthan Mahmoed Qusyairi, berpuasa. Suami April Jasmine ini punya kiat tersendiri untuk mengajari bocah lima tahun itu.

Ya, meski Sulthan masih bersekolah TK, Solmed mulai membiasakan puasa hingga Maghrib. Pria bernama lengkap Sholeh Mahmoed Nasution ini pun mengamini permintaan sang anak sebagai hadiah kalau puasanya penuh.

"Dia cuma ingin ke tempat main (playground). Itu aja yang dia minta sama ayah dan mami. Iya, yang penting Sulthan kuat, hadiahnya nanti bisa main sepuasnya di sana," cerita Solmed, dikutip dari detikcom.



Solmed mengatakan, tak hanya dilatih berpuasa Ramadhan, Sulthan juga dididik memahami makna puasa. Ayah tiga anak ini menjelaskan ganjaran apa yang didapat jika kita menjalani ibadah puasa.

"Saya menjelaskan puasa itu apa, untuk apa, dan bagaimana. Mudah-mudahan Sultan bisa memahami. Saya ingin, dia puasa full dari Subuh sampai Maghrib," paparnya.

Kiat Ustaz Solmed Melatih Anak Sulungnya BerpuasaSulthan, anak sulung Ustaz Solmed/ Foto: Instagram @ustad_solmed
Ia pun menegaskan pada Sulthan, "Puasa itu bikin kamu disayang sama Allah, disayang ayah sama mami. Puasa itu menahan tidak makan dan minum, niat sebagai ibadah supaya masuk surga."

Apa yang dikatakan Solmed senada dengan penjelasan Ustazah Aini Aryani, LC, bahwa sebaiknya ajari anak tentang berpuasa sejak dini. "Diajarkan, 'Kita kan udah dikasih kenikmatan sama Allah, masa sih kita enggak mau beribadah kepada Allah," tuturnya.


Aini pun mengingatkan, mengajari anak beribadah dimulai dari usia tujuh tahun dan harus tanpa paksaan. Untuk lebih mudahnya, Ayah dan Bunda sebagai orang tua harus menjadi contoh bagi anak.

"Cara mengajarkan anak berpuasa pastinya harus dicontohkan oleh orang tuanya. Kalau orang tua enggak ikut puasa pasti anak enggak akan puasa. Kenapa? Karena anak itu peniru ulung. Melihat orang tuanya daripada mendengarkan," tegas Aini.

Kalau Bunda gimana nih pengalaman pertama mengajari anak berpuasa? Berbagi cerita yuk di kolom komentar!

[Gambas:Video 20detik]

(muf/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi