parenting

Cara Ria Enes Ajarkan Anak agar Kuat Berpuasa

Zika Zakiya Kamis, 16 May 2019 11:32 WIB
Cara Ria Enes Ajarkan Anak agar Kuat Berpuasa
Jakarta - Mengajarkan anak untuk berpuasa bukan hal yang mudah dan tentunya harus berjenjang. Penyanyi dan penyiar radio Ria Enes memiliki cara untuk membuat anaknya mau dan kuat saat berpuasa.

Diceritakan Ria, sewaktu kecil anaknya lebih dipersiapkan secara fisik sebelum puasa. Hal ini karena anak di usia dini masih belum bisa menahan lapar dan haus.


"Kalau masih kecil tantangannya lebih ke fisik, enggak boleh makan minum. Selain itu kita harus beri pengertian 'Apa sih puasa itu?'. Memberi contoh anak jalanan yang sulit untuk makan agar bisa merasakan," tutur Ria kepada HaiBunda.


Ria juga memberi contoh bahwa puasa tidak semata-mata menahan lapar dan haus. Anak-anaknya juga diajari cara berinteraksi dengan teman dan gurunya saat puasa di sekolah.
Cara Ria Enes Ajarkan Anak agar Kuat BerpuasaFoto: Instagram
"Puasa enggak cuma di bulan Ramadhan tapi setiap hari. Puasa juga menahan marah, ego. Kalau puasa menahan haus anak-anak udah lewati dari kecil, makna sebenarnya yang justru masih jadi perjuangan seumur hidup," kata Ria.

Diungkap Ria, dulu ia juga memberi kelonggaran kepada anak-anaknya saat berpuasa lantaran belum diwajibkan. Di tengah-tengah puasa, waktu anaknya masih kecil dipersilakan buka puasa tengah hari.

Kini anak-anak Ria Enes, Atala Rania Insyra, Ataya Raisa Insyra, Atasya Radho Insyra sudah tumbuh menjadi remaja. Ria hanya memberikan beberapa nasihat agar anaknya siap berpuasa.

"Anak saya yang perempuan mulai puasa Senin-Kamis, ganti puasa tahun lalu, jadi udah persiapan sebelum Ramadhan. Urusan makan pun berusaha enggak heboh, misal harus ada ini itu, jadi makan yang ada di meja makan untuk berbuka. Pembiasaan itu harus dilakukan sebelum hari-hari puasa (bulan Ramadhan)" tutur Ria.


Ria juga meminta anaknya untuk konsumsi vitamin dan menghindari junk food.

"Jadi misalnya enggak sempat makan sayur atau buah, konsumsi vitamin dan sebisa mungkin menghindari junk food," kata Ria.

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi