parenting

Tips Mengatasi Anak Rewel Saat Ditinggal Mudik Pengasuh

Annisa Karnesyia Senin, 27 May 2019 04:57 WIB
Tips Mengatasi Anak Rewel Saat Ditinggal Mudik Pengasuh
Jakarta - Pengasuh anak jadi kebutuhan penting bagi beberapa anak. Alhasil, saat si mbak pengasuh mudik, ada beberapa anak yang rewel.

Ya, karena anak merasa kehilangan sosok yang selalu menemaninya. Melihat fenomena ini, kata psikolog anak dan keluarga Anna Surti Ariani atau akrab disapa Nina, orang tua harus siap sebelum pengasuh anak mudik. Salah satunya mendekatkan diri dengan anak.

"Jadi kalau bisa, sebelum mbaknya mudik sudah dipersiapkan dulu. Misalnya dengan banyak beraktivitas bersama anak," ujar Nina, dalam acara 'Ngobrol Seru: Senyum Orang Tua Masa Depan Anak Bersama Tanoto Foundation' di RPTRA Akasia, Tebet, Jakarta Selatan, baru-baru ini.



Kedekatan ibu dan anak/Kedekatan ibu dan anak/ Foto: istock

Nina juga berpesan, orang tua sebaiknya memanfaatkan waktu agar lebih dekat dengan anak. Selain beraktivitas bersama, bisa juga dengan mengobrol.

"Usahain saat bersama, minimkan ngomel dan perbanyak senyum," papar Nina.

Kenapa harus begitu, Bun? Agar anak yang dekat lagi dengan ibunya merasa nyaman. Jadi, ketika pengasuhnya kembali, anak tidak terlalu rewel lagi.

"Rewel pasti ada, tapi kalau sudah kembali dekat ke ibunya, lebih gampang lagi menanganinya," kata wanita yang berpraktik di Lembaga Psikologi Terapan UI ini.


Kecenderungan anak rewel memang bisa dipengaruhi kedekatan dengan orang tuanya, Bun. Menurut Nina, jika anak hubungannya sudah dekat dengan sang ibu, rewelnya enggak akan lama.

Nah, bagi anak yang rewelnya lama, bisa jadi karena hubungannya tidak terlalu bagus dengan si ibu. Bisa juga karena merasa tidak nyaman, misalnya ibu suka ngomel-ngomel.

"Anak rewel berkepanjangan karena dia merasa tidak dimengerti tentang apa yang dia inginkan. Kalau orang tua tidak dekat, dia enggak tahu mau anaknya apa. Akhirnya si anak rewel," tutup Nina.

[Gambas:Video 20detik]



(ank/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi