parenting

Manfaat untuk Anak Saat Bunda Tak Pakai ART Infal Lebaran

Radian Nyi Sukmasari Jumat, 24 May 2019 14:06 WIB
Manfaat untuk Anak Saat Bunda Tak Pakai ART Infal Lebaran
Jakarta - Biasanya, beberapa bunda ada yang menggunakan jasa Asisten Rumah Tangga (ART) atau pembantu infal saat Lebaran. Namun, ketika itu tak dilakukan, sebenarnya ada lho manfaatnya bagi anak, Bun.

Kata psikolog anak dan remaja dari RaQQi Human Development and Learning Centre, Ratih Zulhaqqi, dengan tidak adanya si mbak ART dan Bunda enggak memakai jasa pembantu infal, anak bisa belajar bertanggung jawab atas diri sendiri. Termasuk pada hal-hal terkait dirinya, termasuk tugas domestik.


"Ya, anak jadi lebih peduli dan peka. Misal dulu dia enggak pernah bersihkan kamar atau enggak pernah bantu ibu di dapur, dengan enggak ada mbak dia jadi lebih bisa meluangkan waktu," tutur Ratih, saat berbincang dengan HaiBunda.


Dengan anak lebih banyak meluangkan waktu melakukan tugas domestiknya, waktu dia bermain gadget juga lebih sedikit kan, Bun? Ya, karena banyak yang mesti diselesaikan si kecil.


Setelah si mbak ART pulang kampung, Ratih menyarankan orang tua untuk memberi tahu anak bahwa kita enggak boleh terlalu bergantung pada orang lain. Sehingga, ada si mbak atau saat dia pulang kampung, keseharian anak tetap seperti biasanya.

Manfaat untuk Anak Saat Bunda Tak Pakai ART Infal LebaranFoto: iStock
"Banyak orang kewalahan saat si mbak pulang. Itu secara enggak langsung membiasakan anak tergantung sama orang lain. Kalau si mbak ternyata enggak balik lagi ya sudah. Orang tua enggak perlu menyikapi ini seakan akhir dunia, karena anak akan mencontoh," papar Ratih, yang juga berpraktik di Klinik Kancil Duren Tiga ini.

"Pokoknya perlu diantisipasi orang tua, jangan sampai anak lihat bundanya aja tergantung banget sama si mbak. Nanti dia akan berpikir dirinya juga mesti kayak gitu," tegas Ratih.

[Gambas:Video 20detik]

(rdn/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi