parenting

5 Menu Sahur Bantu Tubuh Tetap Berenergi Saat Perjalanan Mudik

Dwi Indah Nurcahyani Rabu, 29 May 2019 20:59 WIB
5 Menu Sahur Bantu Tubuh Tetap Berenergi Saat Perjalanan Mudik
Jakarta - Bunda, suka ngerasa perut perih enggak sih pas puasa padahal sudah sahur? Apa kira-kira salah pilih menu sahur ya, baru jam 9 pagi kok sudah lemas enggak bertenaga.

Ternyata sangat disarankan untuk selektif memilih menu sahur nih. Hal itu penting untuk membuat tubuh tetap berenergi seharian. Apalagi saat Bunda dan keluarga mau melakukan perjalanan jauh ketika mudik ke kampung halaman.


Pakar gizi, Nour Zibdeh mengatakan bahwa makanan dan minuman saat sahur sebaiknya tetap dijaga dengan asupan yang berenergi dan tidak sekadar makan banyak. Wah penting banget ya, Bun, biar anak-anak enggak lemas atau sakit selama di perjalanan.


"Sangat penting untuk makan makanan yang banyak, tetapi Bunda mungkin tidak benar-benar membutuhkan makanan sebanyak yang Bunda pikirkan. Sebab, kebutuhan kalori spesifik tergantung pada individu," tutur Zibdeh.

Menurutnya, rata-rata orang mengonsumsi kurang lebih 500-600 kalori saat sahur. Tetapi, sulit memang untuk makan banyak makanan pada jam 3 pagi. Terutama anak-anak yang biasanya masih ngantuk saat dibangunkan sahur.

5 Menu Sahur Bantu Tubuh Tetap Berenergi Saat Perjalanan MudikMenu sahur bantu tubuh berenergi/ Foto: iStock

"Apakah Bunda makan 400 atau 1.000 kalori saat sahur, cadangan makanan di tubuh akan habis setelah 6-8 jam dan tubuh akan merasa lapar. Jadi, tidak perlu berlebihan dengan makan terlalu banyak saat sahur," kata Zibdeh.

Untuk menjaga tubuh tetap fit selama di perjalanan, memang sebaiknya memilih daftar makanan yang bisa meningkatkan energi tubuh, Melansir Gulfnews, berikut beberapa makanan yang bisa Bunda hidangkan saat sahur untuk keluarga tercinta.

1. Telur
Telur merupakan salah satu makanan paling bergizi dan tinggi protein. Telur pun menjadi makanan yang bisa membantu Bunda tetap kenyang lebih lama. Rasanya pun cukup enak bukan?

2. Alpukat
Buah yang bernutrisi ini dapat dijadikan pilihan saat sahur, Bun. Selain kaya nutrisi, alpukat juga tinggi serat dan membuat kenyang lebih lama.

5 Menu Sahur Bantu Tubuh Tetap Berenergi Saat Perjalanan MudikMenu sahur telur/ Foto: iStock


3. Almond butter
Dikemas dengan banyak vitamin E, almond butter bisa membantu menurunkan kolesterol lho. Cocok banget dijadikan tambahan dalam menu sahur. Selain menyehatkan, almond butter juga membuat Bunda merasa kenyang sepanjang hari.


4. Salmon
Salmon yang kaya protein, vitamin dan mineral serta asam lemak omega-3 bisa jadi pilihan tepat untuk disajikan saat sahur. Selain berkontribusi pada kesehatan otak, salmon juga membantu Bunda tetap berenergi selama berpuasa.

5 Menu Sahur Bantu Tubuh Tetap Berenergi Saat Perjalanan MudikMenu sahur salmon/ Foto: Semua Bisa Masak TransTV

5. Selai kacang
Kacang merupakan krim lezat yang tinggi protein dan membuat Bunda merasa kenyang saat puasa. Selain itu, minyak sehat dalam selai kacang juga membantu menurunkan berat badan dan diabetes. Serta, lemak tak jenuh tunggal yang sehat dalam selai kacang dapat membantu menyehatkan jantung, Bun.

Selamat mencoba, Bun! Intip juga ya resep olahan salmon dalam video di bawah ini!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi