parenting

Tugas Baru Putra Sulung Arifin Ilham Menggantikan Sang Ayah

Annisa Karnesyia Jumat, 31 May 2019 15:36 WIB
Tugas Baru Putra Sulung Arifin Ilham Menggantikan Sang Ayah
Jakarta - Sepeninggalan Ustaz Arifin Ilham pada 22 Mei lalu, si sulung Muhammad Alvin Faiz punya tugas baru. Sebagai anak pertama, Alvin kini harus menjaga 9 adik dan 3 ibunya.

"Kalau bicara soal wali, pasti mau enggak mau karena anak pertama," kata Alvin, dikutip dari 20detik.

Daripada melihatnya sebagai beban dan tanggung jawab, suami Larissa Chou ini justru menganggapnya sebagai hikmah. Salah satunya hikmah karena sang ayah menikahkannya di usia muda.


"Aku kan menikah sudah 3 tahun, ternyata ada hikmahnya dinikahkan usia 17 tahun. Karna itu Abi yang minta, apa yang Abi mau itu pasti yang terbaik," ujarnya.


Baginya, tiga tahun membina rumah tangga memberikan pelajaran penting, Bun. Pelajaran inilah yang akan diterapkannya ketika menjadi wali dari 9 adik dan 3 ibunya.

"Mungkin kalau belum menikah, buta banget lah, tapi tiga tahun menikah ini banyak pelajaran penting yang Alvin dapat dan bisa diterapkan ketika menjadi wali untuk 9 adik dan 3 ibu," papar Alvin.

Menurut Alvin, hikmah lain dari pernikahannya adalah sang buah hati, Muhammad Yusuf Alvin Ramadhan yang kini hampir berusia 2 tahun. Sebelum Arifin meninggal, Alvin bersyukur sang ayah sudah merasakan momong cucu.

Tugas Baru Putra Sulung Arifin Ilham/Tugas Baru Putra Sulung Arifin Ilham/ Foto: Instagram @alvin_411

Kepergian Arifin memang begitu mendadak. Kini, apa yang ditinggalkannya harus dilanjutkan Alvin sebagai putra sulung.

"Sekarang yang paling penting, harus bertanggung jawab menjadi abi dan wali dari 9 adik dan 3 ibu," kata Alvin.


Menjadi anak pertama seperti Alvin memang memiliki tanggung jawab yang berbeda di keluarga ya, Bun. Psikolog anak, Dr.Rachel Andrew mengatakan, cara pikir anak pertama dipengaruhi oleh orang dewasa yang mereka lihat. Andrew yakin anak pertama memang lahir dengan rasa tanggung jawab.

"Rasa tanggung jawab anak sulung bisa terlihat lebih menonjol dibanding anak seumurannya," kata Andrew, melansir dari Independent.

Menurut penulis buku The Sibling Effect, Jeffrey Kluger, anak sulung memang cenderung fokus pada loyalitas keluarga. Itulah mengapa mereka lebih patuh dan bertanggung jawab dalam keluarga.

[Gambas:Video 20detik]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi