parenting

Bun, Simak Cara Mencegah Kanker Darah yang Diidap Ani Yudhoyono

Annisa Karnesyia Minggu, 02 Jun 2019 15:29 WIB
Bun, Simak Cara Mencegah Kanker Darah yang Diidap Ani Yudhoyono
Jakarta - Ani Yudhoyono mengembuskan napas terakhir di National University Hospital (NUH) Singapura, Sabtu (1/6/2019) pukul 11.50 waktu setempat. Istri Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu tuntas berjuang melawan kanker darah selama empat bulan terakhir.

Kanker darah yang diidap Ani Yudhoyono adalah jenis kanker yang tidak menunjukkan gejala tertentu yang mudah dikenali. Namun, bila kita paham dan peduli tentang kesehatan, ada banyak cara untuk mencegahnya.


Dilansir laman Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, kanker sebenarnya dapat dicegah, Bun. Kata Menteri Kesehatan RI Prof.Dr.dr.Nila Farid Moeloek, Sp.M(K), pencegahan yang dapat dilakukan adalah dengan deteksi dini disertai pola hidup sehat.


"Perlu melakukan deteksi dini, berperilaku hidup bersih dan sehat," ujar Nila.

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), 43 persen kanker dapat dicegah. Kanker dapat dikatakan sebagai penyakit gaya hidup karena dapat dicegah dengan melakukan gaya hidup sehat dan menjauhkan diri dari faktor risikonya.

Mencegah kanker darah seperti yang diidap Ani Yudhoyono/Ilustrasi mencegah kanker darah seperti yang diidap Ani Yudhoyono/ Foto: istock
Beberapa faktor risiko itu seperti kebiasaan merokok, menjadi perokok pasif, kebiasaan minum alkohol, kegemukan, dan pola makan yang tidak sehat. Pada perempuan, faktor risiko bisa karena tidak menyusui anak dan melahirkan di atas usia 35 tahun.

"Jika kita menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), maka risiko kemungkinan untuk terserang kanker akan berkurang," papar Nila.

Menurut penjelasannya, perilaku yang perlu diterapkan yaitu dengan melakukan aktivitas fisik secara benar, teratur dan terukur. Selain itu, makan makanan bergizi dengan pola seimbang, konsumsi buah dan sayur yang cukup, serta mengelola stres dengan tepat dan benar.


Untuk memudahkan, Bunda bisa mengingat konsep CERDIK yang diterapkan Kementerian Kesehatan RI ya. CERDIK merupakan singkatan dari cek kesehatan secara berkala, enyahkan asap rokok, rajin aktivitas fisik, diet sehat dengan kalori seimbang, istirahat cukup, dan kelola stres.

Nah, mengutip American Oncology Institute, untuk pencegahan kanker darah, Bunda juga bisa menerapkan hal-hal berikut:

1. Berolahraga secara teratur
2. Hindari makanan dari bahan kimia seperti herbisida dan insektisida
3. Hindari paparan radiasi
4. Jangan coba mengobati sakit sendiri, sebaiknya cari bantuan medis untuk masalah kesehatan apapun
5. Segera ke dokter jika merasakan gejala kanker darah.

[Gambas:Video 20detik]

(ank/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi