parenting

10 Cara Mengembangkan Kemampuan Anak yang Terlambat Bicara

Annisa Karnesyia Selasa, 11 Jun 2019 11:10 WIB
10 Cara Mengembangkan Kemampuan Anak yang Terlambat Bicara
Jakarta - Si kecil sudah mulai bicara tapi Bunda masih belum mengerti ucapannya? Bila ini terjadi, kemungkinan anak mengalami terlambat bicara.

Melansir dari Kids Health, bicara merupakan kemampuan mengekspresikan sesuatu secara verbal dengan bahasa dan artikulasi. Seorang anak yang mengalami terlambat bicara mungkin menggunakan kata-kata dan frasa untuk mengekspresikan pikirannya, namun sulit dimengerti orang lain.

Keterlambatan bicara pada anak biasanya terjadi karena gangguan oral, seperti masalah pada lidah atau langit-langit mulut. Bisa juga karena frenulum (lipatan bawah lidah) pendek sehingga membatasi pergerakan untuk bicara.


Ahli patologi bahasa, Danielle Novascone mengatakan, peran orang tua penting untuk membantu anak mengatasi terlambat bicara. Jangan menganggap ini sebagai tugas tambahan, tapi buatlah sebagai rutinitas harian untuk melatih anak bicara.

"Melatih anak yang terlambat bicara bisa dengan mengajarkan keterampilan sosial di rumah, misalnya dengan rutinitas dan interaksi bermain sehari-hari," kata Novascone, dikutip dari Motherly.

Nah, berikut 10 tips dari Novascone untuk Bunda agar bisa mengembangkan kemampuan anak yang mengalami keterlambatan berbicara. Klik halaman selanjutnya, Bun.

[Gambas:Video 20detik]

(ank/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi