sign up SIGN UP search


parenting

4 Cara Sederhana Mengajari Anak agar Cepat Bicara

Dwi Indah Nurcahyani Rabu, 03 Jul 2019 14:00 WIB
Si kecil mengalami keterlambatan bicara? Daripada panik coba empat cara sederhana berikut yuk! caption
Jakarta - Setiap anak memiliki fase tumbuh kembang yang berbeda satu sama lain. Termasuk soal perkembangan kemampuan bicaranya. Ada anak yang memiliki kemampuan cepat bicara, tapi ada juga anak yang mengalami keterlambatan bicara.

Nah, kalau anak Bunda mengalami keterlambatan bicara, jangan dulu panik, Bun. Segera rencanakan stimulasi yang bisa dipraktikkan di rumah agar si kecil cepat bicara.

Melansir Motherly, pengembangan bahasa pada anak dapat dibantu dengan melakukan stimulasi ringan dalam rutinitas harian mereka, Bun. Yuk simak apa saja stimulasi yang bisa Bunda praktikkan.


1. Matikan tv

Salah satu yang bisa Bunda lakukan yaitu menghindarkan anak-anak dari tayangan televisi. Melansir Your Modern Family, kebanyakan menonton tv bisa membuat mereka malas bicara karena lebih asyik melihat film dan lagu dibanding mengoceh. Jadi, Bunda harus tegas mengenai aturan melihat televisi untuk keluarga.

"Ketika televisi menyala, orangtua cenderung tidak banyak berbicara kepada anak-anaknya. Sementara, mengingat bayi belajar dari bahasa orang-orang hidup khususnya orang tuanya maka suguhan televisi dapat merusak proses itu,"ujar Michael Rich, MD, MPH, Direktur Pusat Media dan Kesehatan Anak di Children Hospital Boston.

4 Cara Sederhana Mengajari Anak agar Cepat BicaraCara membuat anak cepat bicara/ Foto: thinkstock

2. Reciprocal Play

Permainan ini dapat menjalin komunikasi dua arah dengan anak kecil, Bun. Sehingga, sangat pas untuk Bunda praktikkan. Caranya, gelindingkan bola kecil secara bolak balik ke anak Bunda. Biarkan mereka duduk dengan kaki terbuka dan menangkap bola pertama kali. Lalu, katakan satu, dua, tiga, dan gelindingkan bola ke mereka. Ini merupakan permainan favorit setiap bayi dan sangat sederhana serta luar biasa.

3. Mengulang kata berkali-kali

Pilih beberapa kata sederhana untuk diulangi beberapa kali. Jika Bunda ingin mendorong si kecil berbicara, libatkan kata-kata dalam rutinitas sehari-hari ya, Bun. Pilihlah beberapa kata atau frasa yang mudah untuk anak Bunda ketahui, selama mereka melewati rutinitas harian.

Ucapkan kata-kata tersebut setiap hari karena semakin banyak pengulangan akan semakin baik. Kuncinya, temukan kata-kata atau barang-barang yang Bunda tahu kalau anak Bunda sering perhatikan.

4 Cara Sederhana Mengajari Anak agar Cepat BicaraCara membuat anak cepat bicara/ Foto: iStock

4. Menyanyi

Buat suara menyenangkan dan pasangkan kata dengan gerakan, Bun. Balita meniru ucapan dengan sangat baik saat dipasangkan dengan gerakan atau tindakan. Alasannya, karena bunyi lebih mudah dipelajari anak-anak daripada kata-kata.

Jadi, manfaatkan suara yang menyenangkan saat bermain dengan anak-anak, Bun. Bunda bisa menyanyikan sebuah lagu yang dikarang sendiri, untuk mengajari anak agar cepat bicara.

Selamat mencoba.

(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi