parenting

Cara Mona Ratuliu Ajari Anak agar Tidak Konsumtif

Yuni Ayu Amida Rabu, 10 Jul 2019 11:00 WIB
Cara Mona Ratuliu Ajari Anak agar Tidak Konsumtif
Jakarta - Yang namanya perempuan pasti suka belanja ya, Bun. Begitu juga dengan artis Mona Ratuliu. Namun, bunda tiga anak ini tidak mau membiasakan anaknya jadi konsumtif.

Diakui Mona, anak-anaknya tidak terlalu tahu soal merek. Kalau pun anaknya ingin tampil dengan barang branded, lebih baik si anak meminjam miliknya saja.

"Kalau mau keren dikit, dia biasanya pinjam tas aku. Enggak pernah punya tas sendiri yang brandnya hits banget, lebih pinjam ke bundanya. Bundanya juga tahu diri sih kalau belinya enggak yang ibu-ibu banget," jelas Mona, dikutip dari detikcom.




Wanita 37 tahun ini memang tidak melarang anaknya jika ingin membeli barang mahal. Namun, hal ini mesti disertai usaha. Jadi, dia ingin anaknya memiliki tujuan tertentu sebelum membeli apa yang diinginkan.

"Dia mau tas itu misalnya, dia jadi punya keinginan untuk berkreasi, cari uang misalnya. Anak sekarang kan jago-jago tuh. Sebenarnya enggak masalah asal kita bimbing saja kalau cari uang gimana. Lebih mengarahkan saja, apa pun boleh asal diraihnya berusaha dengan cara yang benar," beber istri Indra Brasco ini.

Lebih dari itu, bagi tante Kesha Ratuliu ini, jika ingin membelikan anak-anaknya sesuatu, bukan harga yang dilihatnya, tapi kenyamanan saat dipakai.

"Bukan yang mahal lebih ke yang dia mau sih. Kalau misalnya, 'Ini biar kamu senang, Bunda kasih barang mahal,' belum tentu anaknya mau," tuturnya.

Cara Mona Ratuliu Ajari Anak agar Tidak KonsumtifFoto: Instagram

Bicara soal bagaimana mencegah anak agar tidak berperilaku konsumtif, dijelaskan Financial Planning Prita Gozie, kalau ingin mengubah perilaku anak atau mendidik untuk tidak konsumtif, kita harus melihat dulu diri kita seperti apa. Karena bagaimana juga, anak melihat kebiasaan orang tuanya.

Selain itu, kata Prita, ada beberapa hal yang bisa dilakukan orang tua untuk mencegah anak konsumtif, di antaranya membantu anak menabung dan mengontrol uang, mengajari anak untuk bijak dalam berbelanja, ajari anak menabung di bank. Serta berkomunikasi dengan anak mengenai uang yang akan dia belanjakan.

"Misalnya dia ingin boneka, bicarakan kepada anak. Dengan harga bonekanya yang sekian, dia bisa mendapatkan berapa banyak makanan yang dapat dia bagi dengan teman-teman," ujar Prita, dilansir detikcom.

Bunda di rumah suka memasak bareng anak? Kenapa enggak. Manfaatnya bisa dilihat di video berikut.

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi