parenting

Cara Melanie Putria Ajarkan Anak Memiliki Investasi Sejak Dini

Asri Ediyati Kamis, 11 Jul 2019 16:01 WIB
Cara Melanie Putria Ajarkan Anak Memiliki Investasi Sejak Dini
Jakarta - Model dan presenter Melanie Putria punya cara sendiri nih, Bun, untuk ajarkan anaknya, Sheemar Rahman Puradiredja berinvestasi sejak dini. Caranya bukan seperti orang dewasa, namun yang lebih mudah dipahami anak. Bicara soal invesatasi, Melanie Putria sebelumnya bercerita kalau sejak kecil, sang ibunda sudah mengajaknya untuk berinvestasi.

"Dahulu waktu kecil dibilang sama mama, 'Kamu perlu punya investasi'. Di pikiran anak kecil atau bahkan kita kalau dengar kata invesatasi pikirannya sudah, 'Itu yang dikerjakan sama orang bank,'" kata Melanie di acara 'Membangun Kemandirian Finansial Sejak Dini dengan Cara Investasi di SBR007' bersama Kemenkeu RI, di bilangan Jakarta Selatan, Kamis (11/7/2019).
storage deposit box
Ternyata sang ibunda memberi contoh hal yang simpel, misalnya punya emas lalu dimasukkan ke storage deposit box (SDB). Jadi ajakan tersebut bagi Melanie sangat mengajarkannya untuk mengerti.

"Oh ya bagi saya, industri entertainment enggak punya fixed income. Tapi kalau kita punya proyek bisa diinvestasikan. Dalam bentuk apa ya. Mau beli saham kok kayaknya enak banget? Karena ya untuk Sheemar, pendidikannya, kesehatannya, masa depannya Sheemar itu jadi prioritas," tutur Melanie Putria.


Soal menanamkan kemandirian finansial anak lewat investasi, Melanie Putria mencontohkannya pada anak. Menurut Melanie, anak-anak itu seperti sponge, mereka menyerap akan yang mereka lihat.

"Kalau anak-anak itu bagaimana orang tuanya. Kalau Sheemar sering diajak saya ikutan kerja, saya dapat uang dapat bayaran dan memberikan sedikit pada Sheemar karena sudah ikut menemani. Misal dapet Rp100 ribu lalu dimasukkin celengan. Di rumah sekarang sudah ada lima celengan gendut," kata Melanie Putria.

Wah, sudah lima celengan gendut berisi Rp. 100 ribu, jika dibuka pasti jumlahnya lumayan besar ya, Bun. Apa yang diajarkan Melanie pada Sheemar seperti menabung deposito di bank.

Di kesempatan yang sama, Loto S. Gintin, direktur Surat Utang Nasional Kementerian Keuangan RI, setuju dengan hal yang diajarkan Melanie Putria pada putranya.

"Mengajarkan anak dari dini justru bagus. Untuk mencapai sesuatu harus ada upaya. Jangan sampai anak enggak tahu kerja keras. Pendidikan yang baik itu untuk mewujudkan sesuatu yang berharga, jadi harus sedikit demi sedikit. Tidak sekejap mata," kata Loto.

Melanie Putria juga mengajak para Bunda untuk mulai berinvestasi untuk pendidikan anak. "Yang namanya pendidikan anak ada aja, ada ekskul, daftar adik ke sekolah. Hal-hal ini harus dijagain terus. Investasi pendidikan jadi solusi," ujarnya.

Simak juga tips untuk mengajari anak menabung.

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi