parenting

Cara Asyik Mengajari Anak Menabung

Radian Nyi Sukmasari Senin, 12 Aug 2019 11:07 WIB
Cara Asyik Mengajari Anak Menabung
Jakarta - Semua orang tahu menabung itu penting. Termasuk pada anak-anak, mereka sudah bisa diajariĀ menabung sejak dini lho, Bun. Pastinya melalui cara yang sesuai dengan usianya.

Kata financial planner Stephen Christian yang karib disapa Steve, pertama tentukan tujuan menabung. Steve bilang, hal paling mendasar tentang menabung adalah memiliki tujuan yang jelas. Misalnya, membeli barang berharga, menghadapi kondisi darurat, atau mempersiapkan masa pensiun.




"Karena kita tidak akan mau menyisihkan uang saat ini dan mengorbankan kesenangan kalau tidak punya tujuan yang lebih besar di masa depan," kata Steve kepada HaiBunda.

Mengutip buku Financial Wisdom for Your Kids, hal ini bisa kita lakukan juga pada anak-anak. Misalnya, Bunda mengajak anak menabung dengan tujuan agar anak bisa membeli jajanan kesukaan atau mainan yang diidam-idamkan.

Kemudian, tentukan berapa lama akan menabung. Jadi, di awal tentukan waktu yang tidak terlalu lama, agar anak tidak bosan dan hilang semangatnya. Steve juga membagikan langkah praktis untuk Bunda dan Ayah mulai mengajari anak menabung.

1. Ambil botol air mineral bekas ukuran besar dan potong bagian atasnya supaya bisa dimasukkan uang. Berikan tanda dengan spidol di bagian luar botol.

2. Beri tahu anak kalau uang yang mereka kumpulkan sudah mencapai tanda yang dibuat di luar botol, mereka bisa membeli barang yang disuka.

Ilustrasi ajari anak menabungIlustrasi ajari anak menabung/ Foto: Thinkstock
"Tipsnya, gunakan uang logam, karena saat dimasukkan akan lebih berisik dan secara psikologis anak-anak merasa itu sebagai suatu pengalaman yang sangat menyenangkan," tutur Steve.



Kegiatan ini adalah salah satu cara sederhana mengajar anak menabung dan belajar membuat tujuan. Beberapa orang mungkin merasa sulit menabung karena tak biasa melakukannya sejak kecil. Tapi, jika orang tua menjadikan menabung aktivitas yang menyenangkan, umumnya anak akan bisa menikmati rutinitas ini.

Bunda, simak juga tips hemat belanja bulanan dalam video ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi