parenting

Kate Middleton Rasakan Betul Manfaat Ajak Anak Bermain di Alam

Asri Ediyati Jumat, 12 Jul 2019 18:02 WIB
Kate Middleton Rasakan Betul Manfaat Ajak Anak Bermain di Alam
Jakarta - Jika Bunda mengikuti berita tentang aktivitas Kate Middleton, belakangan ini ia merancang sebuah taman di Chelsea Flower Show. Aktivitas Kate Middleton itu sejalan dengan keyakinannya bahwa anak-anak akan berkembang dengan baik di luar ruangan. Middleton merasa banyak manfaat yang didapat.

"Menghabiskan waktu di alam dapat memainkan peran penting dalam membantu anak-anak tumbuh menjadi orang dewasa yang bahagia dan sehat," kata Middleton dalam sebuah pernyataan dikutip dari People.

Menurut Kate Middleton, alam merupakan taman bermain bagi anak untuk bersenang-senang serta belajar keterampilan seumur hidup. Dari keseimbangan, koordinasi hingga empati, dan kreativitas. Anak akan belajar dengan teman, orang tua, pengasuh, atau anggota keluarga. Kate Middleton juga mendorong anak-anak untuk lebih kenal dengan alam dan belajar untuk melindunginya.

"Saya sangat percaya bahwa anak-anak perlu mengetahui alam agar mau melindunginya. Dengan mendorong anak-anak untuk menghabiskan satu juta jam di halaman belakang rumah mereka," ujar Middleton.
Kate Middleton bersama anak sekolah di taman rancangannya/ Kate Middleton bersama anak sekolah di taman rancangannya/ / Foto: Instagram
Soal ini, menurut Dr.Seto Mulyadi, SPsi, MSi, Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI), jika anak jarang main di luar juga dapat memengaruhi unsur emosionalnya. Kenapa? Karena anak-anak tidak biasa melampiaskan emosi-emosi positifnya.


"Misal, karena mereka gembira jadinya teriak senang. Tapi kalau nggak main di luar, perkembangan psikososialnya berkurang, keterampilan bersosialisasi dan bertemannya juga kurang," papar Kak Seto.

Selain itu pemahaman akan nilai-nilai moral yang mana boleh dan tidak boleh juga kurang, karena suatu informasi itu kan berlangsung dua pihak antara kita yang memberikan pada teman-teman dan begitu juga sebaliknya.

"Jadi ada suatu dialog, nilai-nilai yang bisa dipelajari dariĀ bermain di luar namun dengan cara yang menyenangkan," tutur Kak Seto.

Simak juga manfaat lainnya yag didapat anak saat bermain di taman melalui video berikut.

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi