parenting

Quality Time Sehat Ala Darius Sinathrya dan Keluarga

Annisa Karnesyia Rabu, 17 Jul 2019 18:02 WIB
Quality Time Sehat Ala Darius Sinathrya dan Keluarga
Jakarta - Darius Sinathrya dikenal sebagai artis yang peduli dengan kesehatan. Kepeduliannya itu diturunkan ke anak-anaknya mulai dari pola makan sehari-hari.

Suami Donna Agnesia ini mulai menerapkan pola hidup sehat dengan makan bersama keluarganya di rumah. Menurutnya, hal ini berdampak positif, Bun.

"Kita biasakan makan masakan rumah yang lebih sehat bersama keluarga. Kita bisa makan di luar tapi dibatasi bukan makanan utama. Manfaatnya enggak cuma mencegah diabetes, tapi juga membiasakan pola hidup sehat sejak dini," kata Darius, dikutip dari detikcom.


Selain lebih berkualitas, makan di rumah juga menyehatkan bagi Darius. Bila memungkinkan, pria 34 tahun itu enggak segan membawa bekal masakan rumah untuk bekerja.

Kebiasaan ini juga menjadi komitmennya bersama Donna untuk menerapkannya ke anak-anak. Dalam keseharian, Darius akan bergantian dengan Donna menemani ketiga anaknya makan di rumah. Jika tidak ada kegiatan di hari kerja, akhir pekan dipilih pemain film Merah Putih ini untuk makan bersama keluarga.

"Orang tua harus memberi contoh dan komitmen menerapkan makan masakan rumah yang lebih sehat. Contoh yang baik akan ditiru anak dan menjadi kebiasaan yang terus dilakukan hingga dewasa," tutur Darius.

Quality Time Sehat Ala Darius Sinathrya dan KeluargaQuality Time Sehat Ala Darius Sinathrya dan Keluarga/ Foto: Instagram

Sebagai orang tua, kita memang harus memperhatikan gizi dan nutrisi yang diasup anak. Selain itu, kebersamaan dengan anak juga penting. Nah, dengan makan bersama, hal ini bisa terwujud sekaligus, Bun.

Vanier Institute of the Family menunjukkan, makan bareng keluarga bisa berkontribusi pada emosi positif, perilaku sosial, dan kepuasan hidup para anggota keluarga. Dengan makan bersama, kesempatan anak dan orang tua saling bercerita tentang kegiatannya pun terbuka lebar.

"Kehadiran orang tua di meja makan, membuat seoarang anak memiliki kesempatan untuk melakukan interaksi sosial dan diskusi tentang isu-isu sosial terkini," kata Linda Pagani, PhD, penulis dan peneliti dari Universite de Montreal di Canada, dalam The Journal of Developmental & Behavioral Pediatrics, dilansir Medical News Today.

Penelitian juga menunjukkan bahwa makan bersama keluarga memiliki pengaruh jangka panjang pada biopsikososial anak. Kata Linda, ada komunikasi yang positif antara anak dan keluarga dan bisa membuat anak memiliki keahlian dalam berkomunikasi dengan orang di luar keluarga.


Simak juga manfaat aktivitas balet untuk kecerdasan otak anak di video berikut ya, Bun.

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi