sign up SIGN UP search


parenting

Deteksi Dini Anak Alami Diseleksia Seperti Deddy Corbuzier

Annisa Karnesyia Rabu, 24 Jul 2019 09:36 WIB
Deddy Corbuzier mengaku kalau dirinya kesulitan belejar membaca Iqra karena disleksia. Apa sih disleksia itu, Bun? caption
Jakarta - Deddy Corbuzier sedang mendalami Islam pelan-pelan. Baru-baru ini, Deddy belajar membaca huruf hijaiyah dari Iqra dengan Gus Miftah.

"Ini (baca Iqro) salah satu metodologi untuk membaca Alquran, makanya lo harus belajar," kata Gus Miftah kepada Deddy dalam kanal Youtube Deddy Corbuzier.
Sebelum mulai, Deddy menceritakan kondisinya yang mungkin akan sulit belajar Iqra. Mentalis dan pesulap populer itu mengaku sulit belajar membaca karena kondisi disleksia.

"Yang jadi masalah ya, saya itu usia 43 tahun dengan disleksia. Disleksia itu belajar baca saja waktu kecil setengah mati. Jadi ini adalah perjuangan, tapi menarik dilakukan," ujar Deddy.

Saat mencoba membaca huruf hijaiyah yang diajarkan padanya, Deddy ternyata cepat menangkap, Bun. Gus Miftah bahkan memujinya.


"Ah, pintar. Katanya disleksia?" tanya Gus Miftah.

"Iya, kan gambar, kalau gambar kan bisa," jawab Deddy.
Deteksi Dini Anak Alami Diseleksia Seperti Deddy CorbuzierDeteksi Dini Anak Alami Diseleksia Seperti Deddy Corbuzier/ Foto: 20detik
Berbicara tentang disleksia yang dialami Deddy, kondisi ini memang terkait dengan kemampuan membaca. Sejak kecil, orang tua bisa mulai mengenali gejala disleksia pada anak.

Mengutip Child Mind Institute, disleksia dapat berefek pada kemampuan anak mengenali suara dalam bahasa atau pengucapan. Anak dengan disleksia kesulitan menguraikan kata-kata baru atau menjelaskan bagaimana pengucapannya.

Perlu Bunda ingat, kondisi ini enggak ada hubungannya dengan kecerdasan anak ya. Tapi, faktanya memang berpengaruh pada kemampuan dan pencapaian anak. Perlu strategi dan pertolongan untuk membantu anak dengan kondisi ini belajar membaca.

Kata Eksekutif Direktur Winston Preparatory School dan spesialis mengajar anak dengan gangguan belajar, Scott Bezsylko, selain kemampuan membaca, disleksia pada anak bisa berdampak pada kehidupan sosial mereka. Anak merasa dirinya enggak sebagus teman-teman seusianya.

"Orang dengan kondisi ini sulit menemukan kata dan mengekspresikan bahasa. Jika sulit membaca dan menulis, kita pasti merasa diri kita buruk," ujar Bezsylko.

Dr.Matthew Cruger, direktur Learning and Development Center di Child Mind Institute menyarankan untuk menunggu sampai anak usia 6 tahun jika mencurigai dia mengalami disleksia. Sampai usia itu, Bunda bisa mengajarkan anak membaca dari pendidikan sekolah dini sebelum melihat hasilnya untuk evaluasi lanjutan.

"Anak dengan kondisi disleksia bukan berarti dibiarkan dan tidak diajarkan membaca. Di luar sana, banyak program yang bisa membantu melatih kemampuan anak," kata Cruger.

Simak pengakuan lengkap Deddy Corbuzier di video berikut ya, Bun.

[Gambas:Video 20detik]



(ank/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi