parenting

5 Kondisi yang Bisa Jadi Indikasi Anak Konsumsi Narkoba

Melly Febrida Senin, 22 Jul 2019 10:31 WIB
5 Kondisi yang Bisa Jadi Indikasi Anak Konsumsi Narkoba
Jakarta - Ancaman narkoba menyeramkan ya, Bun. Dari kalangan artis sampai masyarakat biasa bisa terjerat. Termasuk remaja yang juga rawan tergoda untuk menggunakannya.

Kita tentu tahu orang mengonsumsi narkoba karena berbagai alasan. Obat-obatan terlarang ini bisa memengaruhi tubuh dan otak. Bahkan, bisa jadi memiliki dampak jangka pendek dan panjang pada kondisi mental dan kesejahteraan fisik seseorang.




Eukator seks Dr.Karen Rayne P menuliskan orang-orang yang menggunakan narkoba untuk kesenangan agar bisa ngefly cenderung menjadikan aktivitas itu sebagai pelarian atau agar mereka senang. Sayangnya, orang tersebut bisa kehilangan kendali dan bergantung dengan obat-obatan tersebut.

"Jika remaja ketahuan pakai narkoba atau menjual narkoba, mereka bisa berakhir dengan catatan kriminal, yang dapat membuat kehidupan mereka lebih sulit," tulis Rayne dalam buku berjudul Help Your Kids With Adolescence.

Menurutnya, beberapa orang pertama kali mencoba narkoba karena ingin tahu tentang efeknya. Yang lain menggunakan narkoba karena merasa di bawah tekanan teman-teman, atau khawatir dikucilkan jika tidak mengikuti temannya.

"Padahal, narkoba hanya memberi perasaan menyenangkan dalam jangka pendek tetapi efek jangka panjangnya bisa berbahaya. Remaja juga bisa kecanduan narkoba di mana mereka punya keinginan kuat mengonsumsi obat tersebut. Segala hal akan dilakukan demi mendapatkannya," papar Rayne.

Rayne juga berbagi tanda-tanda pada remaja yang bisa jadi indikasi mereka sudah memakai atau bahkan kecanduan narkoba:

Ilustrasi narkobaIlustrasi narkoba/ Foto: iStock
1. Memburuknya tugas sekolah
2. Cenderung ceroboh saat mengonsumsi obat
3. Perubahan perilaku, lebih cuek dan agresif, bahkan bisa sebaliknya dia jadi lebih baik agar tak dicurigai
4. Sering berbohong
5. Kadang nekat mencuri uang

Rayne menyadari mungkin mengkhawatirkan mengetahui atau mencurigai anak berpikir untuk menggunakan, atau sudah menggunakan narkoba. Namun, berbicara tentang narkoba itu penting termasuk dampak dan bahayanya. Ini jadi salah satu cara mencegah anak terjerat narkoba.

Bicara tentang salah satu jenis narkoba yakni sabu yang dipakai komedian Nunung, bahaya mengonsumsi sabu yang digunakan dengan dalih untuk meningkatkan stamina. Badan Narkotika Nasional (BNN) menyebut efek stamina yang muncul dari konsumsi sabu adalah efek yang menipu saraf dan tidak bertahan lama.



"Itu menipu saraf, dalam arti mungkin dalam tempo pendek udah sehari, dua hari, seminggu, sebulan ini, efek (stamina) itu ada. Tapi setelah melewati waktu-waktu tertentu, yang terjadi adalah efek ketergantungan. Efek adiksi, di mana efek yang sama tidak mungkin didapatkan dengan jumlah yang sama," kata Kabag Humas BNN Sulistyo Pudjo dilansir detikcom.

Menurut Sulistyo, konsumsi sabu yang terus meningkat dengan dalih menjaga stamina akan mengakibatkan kerusakan organ dalam tubuh.

Bunda, kenali juga tanda tubuh kelebihan asupan gula di video ini ya.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi