parenting

Kapan Bayi Diperbolehkan Makan Yoghurt?

Dwi Indah Nurcahyani Senin, 12 Aug 2019 13:01 WIB
Kapan Bayi Diperbolehkan Makan Yoghurt?
Jakarta - Ingin memberikan yoghurt pada si kecil tapi masih maju mundur alias khawatir berisiko alergi. Hmm, usia berapa ya sebenarnya si kecil mulai boleh diberikan yoghurt?

Melansir Baby Cente, kebanyakan bayi sebenarnya dapat mulai mengonsumsi yoghurt setelah mereka mulai makan makanan padat atau sekitar 4-6 bulan. Yoghurt merupakan pilihan yang sangat baik sebagai salah satu makanan awal bayi, karena mengandung nutrisi seperti kalsium, protein, dan vitamin.

Yoghurt kaya nutrisi dan kaya rasa ya, Bun. Tapi ingat, sebaiknya berikan yoghurt tawar untuk menghindari pemberian gula tambahan pada si kecil. Jadi, Bun, periksa dulu informasi nutrisi yang tertera pada kemasan sebelum memberikannya pada si kecil.


Agar yoghurt lebih lezat, Bunda dapat menambahkan rasa ke yoghurt tawar dengan mencampurkan buah atau sayuran. Untuk bayi yang baru memulai makan makanan padat, mulai dengan buah yang dihaluskan dan dimasak atau menambahkan bubur sayuran.
Kapan Bayi Diperbolehkan Makan Yoghurt?Yoghurt untuk anak/ Foto: iStock

Sementara untuk bayi yang lebih besar, Bunda dapat menambahkan buah lembut dan sayuran yang sudah dimasak dan dipotong-potong kecil. Tambahkan juga alpukat, saus apel, oatmeal, dan gandum dimana menjadi variasi menarik untuk ditambahkan pada yoghurt si kecil.

Memberikan yoghurt pada si kecil memang perlu dibiasakan sejak dini. Sehingga tidak perlu khawatir adanya risiko alergi atau eksim yang mungkin menghampiri. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Clinical & Experimental Allergy menemukan bahwa bayi yang diberikan yoghurt sebagai makanan di tahun pertama kehidupan mereka memiliki risiko eksim dan alergi yang lebih rendah, Bun, seperti dikutip dari laman Motherly.

Tim peneliti dari Selandia Baru juga menemukan bahwa makan yoghurt setiap hari pada usia satu tahun dapat mengurangi eksim dan alergi pada anak-anak hingga 70 persen.

"Semakin sering yoghurt diberikan, semakin besar efeknya," ujar Dr Julian Crane, seorang profesor dari Department of Medicine di University of Otago, Wellington.

Selama ini, banyak orangtua khawatir memberikan produk berbahan susu kepada buah hatinya sebelum usia 1 tahun. Mereka takut anaknya mengalami risiko alergi. Tetapi rasanya kekhawatiran tersebut tak perlu diresahkan lagi ya, Bun.

Sebab, pemberian susu sapi dalam makanan bayi memang perlu menunggu sampai anak usia 1 tahun, Bun. Sementara untuk produk berbasis susu seperti keju dan yoghurt dapat secara aman diberikan sebelum buah hati berusia 1 tahun, seperti disarankan American Academy of Pediatrics.

Nah, enggak perlu khawatir berlebihan lagi kan, Bun. Sesekali, jadikan yoghurt sebagai asupan si kecil yuk, Bun. Selamat mencoba, Bun.

Lihat juga nih, Bun, resep mengolah yoghurt dengan campuran timun dalam video di bawah ini!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi