parenting

Tak Masalah Anak Dekat dengan Pengasuh, Asal...

Radian Nyi Sukmasari Rabu, 14 Aug 2019 10:31 WIB
Tak Masalah Anak Dekat dengan Pengasuh, Asal...
Jakarta - Saat bunda harus bekerja, kadang kala anak ditemani oleh pengasuh. Melihat kedekatan anak dengan pengasuh, para ibu pun galau karena khawatir si kecil lebih lekat dengan si mbak ketimbang ibunya sendiri.

Terkait hal ini, psikolog anak dan remaja dari RaQQi Human Development and Learning Centre, Ratih Zulhaqqi bilang pada dasarnya anak memang harus memiliki figure attachment. Misalnya, saat bunda sedang bekerja dan si kecil di rumah, memang sudah seharusnya dia dekat dengan pengasuh.

"Kalau enggak dekat secara emosional, justru bahaya karena anak enggak punya figure attachment. Tapi balik lagi, anak punya figure attachment utama yaitu ibu. Makanya, ada primary caregiver dan secondary caregiver," papar Ratih saat ngobrol dengan HaiBunda.


Jadi, bagaimanapun anak dekat dengan pengasuh, ketika ada sang ibu dia akan memilih sang ibu. Oleh karena itu, menurut Ratih tinggal bagaimana orang tua memainkan perannya.

Kata Ratih, saat anak enggak punya figure attachment yang dekat dengannya secara emosional, dia bisa merasa enggak secure. Kalau begini, sudah pasti Bunda juga enggak merasa tenang meninggalkan si kecil dengan pengasuhnya kan?

"Kalau anak secure sama pengasuh Insya Allah aman kondisi emosinya, daripada dia enggak lekat dengan si mbak. Tapi, dia tahu kondisi ini terjadi karena ibunya lagi enggak ada. Nah, saat ada ibunya, ya dia dekat dengan ibunya," kata Ratih yang juga berpraktik di Klinik Kancil Duren Tiga ini.

Ratih pun mengingatkan, sudah seharusnya orang tua menyediakan waktu untuk bersama anak. Jadi, saat berinteraksi dengan anak, benar-benar terapkan prinsip hear and now, Bun. Kita benar-benar hadir di situ, mendengar apa yang anak alami, dan menjauhkan gadget sejenak.

Ilustrasi anak dekat dengan pengasuhIlustrasi anak dekat dengan pengasuh/ Foto: iStock
"Istilahnya kita benar-benar sama anak. Enggak pegang HP, enggak mikirin apa-apa. Cuma benar-benar main, fokus sama anak," kata Ratih.

Bunda, cari tahu cara Chikita Meidy sikapi mitos perihal mengasuh anak di video berikut.

(rdn/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi