parenting

Pengorbanan Seorang Ayah yang Rela Jadi Perempuan di Hari Ibu

Yuni Ayu Amida Minggu, 18 Aug 2019 14:00 WIB
Pengorbanan Seorang Ayah yang Rela Jadi Perempuan di Hari Ibu
Jakarta - Seorang ayah di Thailand menjadi sorotan netizen karena unggahannya di Facebook, beberapa waktu lalu. Tepat di Hari Ibu, dia melakukan kejutan mengharukan.

Dikutip dari detikcom, pria tersebut bernama Charan Chamnuansok atau Ran. Ia sengaja mengubah penampilan menjadi sosok perempuan, demi merayakan Hari Ibu bersama kedua anaknya.

Untuk lebih mendalami, sebelum perayaan tersebut, Ran sampai meminjam wig serta baju wanita pada teman-temannya di Facebook. Usahanya berhasil, dia mendapat pinjaman wig dari tetangga, serta blus dari neneknya. Ia bahkan memakai lipstik untuk mempercantik penampilannya.


"Adakah yang punya sebuah wig yang bisa aku pinjam besok? Aku perlu menjadi ibu untuk anak-anakku," tulisnya di Facebook.

Hari Ibu adalah salah satu hari penting untuk anak-anak Thailand. Setiap sekolah, pada 12 Agustus, biasanya mengadakan acara spesial sebagai bentuk menghargai sosok ibu.

Ran dan istrinya sudah lima tahun berpisah. Saat ini, kedua anaknya tinggal bersama dia. Sebagai ayah, dia pun mesti berperan ganda. Mengubah diri menjadi wanita di Hari Ibu adalah salah satu cara agar anaknya tidak kecewa, serta tetap bisa merayakan Hari Ibu seperti teman-temannya.

Pengorbanan Seorang Ayah yang Rela Jadi Perempuan di Hari IbuFoto: Facebook Charan Chamnuansok

Menjadi single parent seperti Ran memang enggak mudah, Bun. Menurut Wayne Parker, pelatih keluarga bersertifikat, quality time bersama anak setelah perceraian membutuhkan waktu khusus. Hanya saja, terkadang pekerjaan dan kehidupan ayah setelah bercerai membuatnya jadi sulit meluangkan waktu.

"Menjadi ayah yang sukses setelah bercerai artinya dapat menjaga hubungan baik dengan anak-anak dan ibunya. Hal inilah yang menjadi beban bagi seorang ayah," ujar Parker, dilansir Very Well Family.

Selain itu, Parker menyarankan sebaiknya buatlah rencana pengasuhan setelah bercerai. Rencana pengasuhan ini bisa dibuat dengan mantan pasangan, dengan cara berbagai waktu dan hak asuh bersama.

Lihat pula kondisi anak setelah perceraian. Karena kadang, ayah kurang peka terhadap dampak perceraian pada anak, seperti kondisi anak harus adaptasi dengan perubahan hidup yang baru.

"Membuat rencana pengasuhan dapat membantu menentukan tanggung jawab, menciptakan kerangka kerja yang baik yang dapat menghindarkan orang tua dari konflik di kemudian hari," terang Parker.

Simak pula video Mien Uno di Hari Ibu ini, Bun.

[Gambas:Video 20detik]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi