parenting

Menarik Dicoba Cara Membuat Anak Mau Makan Sendiri

Dwi Indah Nurcahyani Jumat, 23 Aug 2019 19:59 WIB
Menarik Dicoba Cara Membuat Anak Mau Makan Sendiri
Jakarta - Melatih kemandirian pada anak sangat penting dilakukan sejak dini. Termasuk membiasakan anak makan sendiri, Bun.

Terkadang memang suka enggak tega ya, Bun, membiarkan anak makan sendiri dan tampak kerepotan. Belum lagi, waktu makan jadi lebih lama ditambah lantai yang jadi berantakan karena tumpahan makanan.

Ya namanya juga belajar ya, Bun. Tentunya dibutuhkan kesabaran dan pelatihan yang lebih sering sehingga anak-anak akan terbiasa makan sendiri di kemudian hari, Bun. Untuk itu, Bunda pun harus membiasakan kebiasaan tersebut dengan cara mengawasi, serta membantu ketika mereka tampak kesulitan.


Bunda dalam hal ini dapat memberikan perhatian khusus untuk memotong makanan menjadi bagian yang sangat kecil. Hal itu bertujuan untuk menghindari risiko tersedak. Setelahnya, penting juga untuk memberikan pujian agar anak semangat menghabiskan makanannya.

Menarik Dicoba Cara Membuat Anak Mau Makan SendiriCara membuat anak mau makan sendiri/ Foto: iStock

Penting Bunda tahu bahwa usia 12-15 bulan, anak-anak biasanya dapat memegang sendok sendiri dan membawanya ke mulut mereka, Bun. Lalu pada usia dua tahun, biasanya anak-anak juga mulai dapat menggunakan garpu. Bunda hanya perlu memantau proses belajar makan secara mandiri si buah hati, seperti dikutip dari laman Youaremom.

Sajikan makanan yang menjadi favorit si kecil, agar lebih semangat menghabiskannya. Situasi ini juga akan memotivasi anak-anak untuk mengambil sendok garpu serta makan, tanpa bantuan orangtua atau anggota keluarga lainnya.

Untuk memberikan dukungan penuh pada anak-anak, makanlah dengan posisi di sebelah mereka, Bun. Ini dapat menjadi cara terbaik bagi anak-anak untuk belajar dengan mengamati orang dewasa.

Karena itu, makanan bersama keluarga merupakan kesempatan yang sangat baik bagi anak-anak untuk belajar makan sendiri. Dengan begitu, anak-anak dapat mengulang dan meniru gerakan orang lain sambil menikmati kebersamaan dengan semua orang.

Dina Rose Ph.D mengatakan, setiap kali orangtua memberikan makan anak-anaknya, ajari selalu mengenai tentang apa, kapan, dimana, mengapa, dan berapa banyak yang perlu dimakan. Hal tersebut menjadi bagian pembelajaran untuk mengenalkan anak mandiri saat proses makan.

"Buat juga makanan jadi menyenangkan. Berhentilah membujuk dan meyakinkan anak-anak untuk makan. Serta ciptakan percakapan di meja makan dari topik nutrisi yang dapat menjadi kebiasaan baik saat makan,"katanya seperti dikutip dari laman Psychology Today.

Selain itu, agar anak mandiri saat makan, Bunda juga dapat menyajikan porsi kecil makanan dan berikan support pada anak-anak untuk menghabiskannya. Beritahukan pada mereka jika menginginkan porsi lebih.

Selamat mencoba, Bun.

Bunda, simak juga yuk alasan anak enggak mau makan!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi