parenting

Kenalkan Leluhur Lewat Lagu Anak 'Nenek Moyangku Orang Pelaut'

Muhayati Faridatun Senin, 02 Sep 2019 20:32 WIB
Kenalkan Leluhur Lewat Lagu Anak 'Nenek Moyangku Orang Pelaut'
Jakarta - Bunda tentu sudah mengetahui, Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Tak heran kalau lagu anak Nenek Moyangku Orang Pelaut begitu melekat hingga hari ini.

Ya, terutama bagi anak usia Sekolah Dasar (SD). Dikutip dari situs resmi Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Indonesia memiliki 17.499 pulau dari Sabang sampai Merauke.


Luas lautan Nusantara adalah 3,25 juta kilometer persegi dari total wilayah Indonesia 7,81 juta kilometer persegi. Sementara luas daratan adalah 2,01 juta kilometer persegi, dan 2,55 juta kilometer persegi merupakan luas Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE).


Dengan luas perairan lebih besar dari luas daratan, Indonesia pun dikenal sebagai Negara Maritim. Keadaan alam inilah yang menjadikan sebagian besar nenek moyang bangsa kita sebagai pelaut.

Ini juga yang menjadi alasan pentingnya mengenalkan leluhur atau nenek moyang pada anak-anak. Seperti pada penelitian yang dilakukan psikolog dari Emory University di Atlanta, Georgia, Amerika Serikat, Marshall Duke dan Robyn Fivush.

Kenalkan Leluhur Lewat Lagu Anak 'Nenek Moyangku Orang Pelaut'Ilustrasi ajarkan lagu anak 'Nenek Moyangku Orang Pelaut'/ Foto: iStock

Penelitian Duke dan Fivush mengajukan 20 pertanyaan tentang sejarah keluarga pada 48 keluarga. Mereka menemukan, semakin banyak anak-anak tahu, makin kuat perasaan mereka dalam mengendalikan hidup, makin tinggi harga diri mereka, dan makin memahami fungsi keluarga mereka.

"Mendengar cerita-cerita ini memberi anak-anak rasa memiliki terhadap sejarah mereka, juga ikatan dengan antargenerasi yang kuat," ungkapnya, dilansir The Guardian.

"Bahkan, jika mereka baru berusia sembilan tahun, identitas mereka membentang hingga 100 tahun ke belakang, memberi mereka koneksi, kekuatan, dan ketahanan."

Nah, untuk mengenalkan sejarah leluhur bangsa Indonesia, salah satu caranya Bunda bisa mengajari si kecil lagu anak Nenek Moyangku Orang Pelaut. Melansir dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, lagu ini diciptakan pada 1940 silam oleh Saridjah Niung, yang kita kenal dengan panggilan Ibu Soed.

Simak liriknya di bawah ini ya, Bun.

Nenek Moyangku Orang Pelaut
Pencipta: Ibu Soed

Nenek moyangku orang pelaut
gemar mengarung luas samudra
menerjang ombak tiada takut
menempuh badai sudah biasa

Angin bertiup layar terkembang
ombak berdebur di tepi pantai
pemuda berani bangkit sekarang
ke laut kita beramai-ramai


Lihat juga cerita Meisya Siregar tentang cara mendidik ketiga anaknya, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(muf/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi