parenting

Latih Imajinasi Si Kecil dengan Menyanyi Lagu Anak 'Paman Datang'

Ratih Wulan Pinandu Senin, 09 Sep 2019 16:00 WIB
Latih Imajinasi Si Kecil dengan Menyanyi Lagu Anak 'Paman Datang'
Jakarta - Bagi anak-anak yang tinggal di kota, biasanya jarang bersentuhan dengan alam terbuka. Mereka asing dengan yang namanya sawah, pegunungan, dan sungai.

Itu sebabnya, anak-anak zaman sekarang jadi lebih akrab dengan televisi dan gadget ya, Bun. Padahal, sangat bagus mengajak anak-anak untuk turun mengenal alam lebih dekat. Bermain dengan air, batu, dan tanah untuk melatih kemampuan motorik anak-anak.


Kalau belum ada waktu mengajak anak-anak untuk mengunjungi alam terbuka, Bunda bisa mengajak mereka berimajinasi lewat lagu nih. Lagu anak Paman Datang bisa menjadi cara buat Bunda mengenalkan hal-hal menyenangkan tentang desa.


Seperti mandi di sungai, main lumpur di hamparan sawah, hingga menggiring kerbau di kandang. Bahkan bisa juga untuk mengenalkan nama buah-buahan pada si kecil.

Latih Imajinasi Si Kecil dengan Menyanyi Lagu Anak 'Paman Datang'Lagu anak/ Foto: iStock
Melansir Bright Horizons, sebuah studi pada 2016 yang dilakukan University of Southern California menemukan, pengalaman mendengarkan musik di masa kanak-kanak sebenarnya dapat mempercepat perkembangan otak, khususnya penguasaan bahasa dan keterampilan membaca.

Manfaat lainnya, mempelajari musik disebut pula dapat meningkatkan keterampilan akademik anak. Musik dan matematika sangat berkaitan, Bun. Dengan memahami ketukan, ritme, dan skala maka anak-anak akan belajar membagi, membuat pecahan, dan mengenali pola.

"Musik menggunakan otak anak untuk membantunya lebih memahami bidang matematika lainnya," ungkap Lynn Kleiner, pendiri Music Rhapsody di Redendo Beach, California, dilansir Parents.

Sedangkan pada anak-anak yang lebih besar, ketika mereka mulai membaca lagu, maka akan memanggil ingatan jangka pendek, dan lama-kelamaan akan mempengaruhi ingatan jangka panjang mereka juga. Nah, tunggu apa lagi, Bun, langsung ajari si kecil lagu anak Paman Datang yuk! Simak liriknya di bawah ini ya.

Paman Datang
Ciptaan: AT. Mahmud

Kemarin paman datang,
pamanku dari desa
Dibawakannya rambutan, pisang
Dan sayur mayur segala rupa
Bercrita paman tentang ternaknya
Berkembang biak semua

Padaku, paman berjanji
Mengajak libur di desa
Hatiku girang tidak terperi
Terbayang sudah aku disana
Mandi di sungai, turun ke sawah
Menggiring kerbau ke kandang

[Gambas:Youtube]

(rap/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi