parenting

Sikap Keren Putri Diana Diwarisi Pangeran Harry, Ini Buktinya

Maya Sofia Sabtu, 28 Sep 2019 13:20 WIB
Sikap Keren Putri Diana Diwarisi Pangeran Harry, Ini Buktinya
Jakarta - Tahun 1997, Putri Diana membetot perhatian dunia karena berjalan di atas ladang ranjau yang masih aktif di Angola. Hal itu dilakukan Diana dalam rangka meningkatkan kesadaran dunia akan bahaya ranjau darat.

Kini 22 tahun berlalu, putra bungsu Diana, Pangeran Harry, mengikuti jejak sang ibunda. Dalam rangkaian tur di Afrika Selatan, Harry melakukan hal serupa.

Dikutip dari BBC, Harry berjalan di atas lahan yang masih dalam proses pembersihan dari ranjau darat aktif di dekat kota Dirico. Seperti sang Bunda, Harry juga mengenakan rompi dan penutup kepala sebagai pelindung.


Meneruskan amanat Diana, Harry melakukan ini untuk meningkatkan kesadaran akan bahaya ranjau darat yang masih ada sampai sekarang. Area yang didatanginya saat ini masih dalam proses pembersihan dari ranjau darat oleh para staf Halo Trust.

Harry berharap daerah-daerah dengan ranjau darat aktif bisa segera bersih sehingga masyarakat bisa mengaksesnya dengan aman.

"Ranjau darat adalah bekas luka yang tidak tersembuhkan. Dengan membersihkan ranjau darat, kita dapat membantu komunitas ini menemukan kedamaian, dan dengan kedamaian muncul peluang," kata suami dari Meghan Markle ini.

Apa yang dikatakan Harry benar adanya Bun. Ladang ranjau darat yang dahulu pernah diinjak oleh Putri Diana kini telah berubah menjadi sebuah kota layak huni.

Ikuti Jejak Putri Diana, Pangeran Harry Berjalan di Ladang RanjauPangeran Harry dan Putri Diana. (Foto: Istimewa)

Bahkan di atas tempat Diana pernah berdiri saat ini dibangun tempat peringatan dan ditanami pohon Diana Tree.

Diana telah membantu mengubah arah sejarah. Upayanya telah mendorong dikeluarkannya Konvensi tentang Larangan Penggunaan, Penimbunan, Produksi, dan Transfer Ranjau Antipersonel dan tentang Penghancuran mereka atau dikenal juga dengan Traktat Ottawa.

"Jika larangan internasional terhadap ranjau dapat diamankan itu berarti melihat jauh ke depan, bahwa dunia mungkin menjadi tempat yang aman bagi cucu generasi ini," ujar Putri Diana pada 1997.

Sayangnya Diana tak bisa menyaksikan langsung buah kerja kerasnya mengkampanyekan bahaya ranjau darat. Diana menghembuskan napas terakhir pada 1997 dalam sebuah kecelakaan mobil di Paris.

Simak juga nostalgia masa kecil Pangeran Harry dengan Putri Diana dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video 20detik]

(som/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi