parenting

Anak Tanya 'Kok Bisa Ada Bayi di Perut Bunda', Harus Jawab Apa?

Melly Febrida Rabu, 02 Oct 2019 14:06 WIB
Anak Tanya 'Kok Bisa Ada Bayi di Perut Bunda', Harus Jawab Apa?
Jakarta - Anak-anak suka penasaran dengan hal-hal di sekitarnya, termasuk soal adik bayi. Anak usia balita bisa melontarkan pertanyaan, 'Adik bayi datangnya dari mana sih?' atau 'Kok bisa ada adik bayi di perut Bunda?'.

Skak mat! Kadang orang tua langsung terkesiap mendengar pertanyaan anak. Bingung pun melanda. Hmm, kita harus beri jawaban apa ya? Cory Silverberg, pendidik seks dan penulis Sex Is A Funny Word: A Book About Bodies, Feelings And You, mengatakan, pada usia 2 sampai 5 tahun anak mungkin mulai bertanya bagaimana bayi dibuat. Menurutnya, jawaban termudah adalah ada banyak cara.

"Mau sedetail apa penjelasannya, itu sangat tergantung pertimbangan orang tua seberapa jauh anak bisa memahami penjelasan yang diberi," kata Silverberg dilansir Today Parents.


Apabila anak menginginkan lebih banyak informasi, Silverberg menyarankan mencoba mengatakan, dua orang dewasa menyatukan tubuh mereka dan berbagi sperma dan sel telur untuk membuat anak sepertimu. Atau, kadang-kadang mereka mendapatkan sperma atau sel telur dari orang lain.

Silverberg menambahkan, yang terpenting orang tua tak berbohong dan tidak menolak untuk membicarakan hal tertentu. Tidak jadi masalah apabila orang tua memberi tahu anaknya bahwa untuk beberapa penjelasan, seperti bagaimana sperma dan sel telur bertemu, akan dibahas nanti.

Memang mendapat pertanyaan soal kehamilan dari anak bisa bikin kita mati kutu. Psikolog anak dan remaja Ratih Zulhaqqi pernah mengatakan orang tua sebenarnya enggak perlu menjelaskan secara detail tentang apa sih yang dilakukan bunda dan ayah hingga ada bayi di perut Bunda.

"Bisa kita kasih tahu di dalam perut bunda ada telur yang dibuahi oleh sperma. Caranya gimana? Dengan hubungan seksual. Udah, gitu aja enggak usah dijelasin lagi. Itu namanya aktivitas seksual, tapi dilakukannya setelah menikah," kata Ratih yang praktik di RaQQi Human Development and Learning Centre ini.

Anak Tanya 'Kok Bisa Ada Bayi di Perut Bunda', Harus Jawab Apa?Anak Tanya 'Kok Bisa Ada Bayi di Perut Bunda', Harus Jawab Apa?/ Foto: iStock
Kalau anak masih nanya lagi, gimana? Ratih bilang, kita bisa jawab nantinya anak akan tahu kalau mereka sudah menikah. "Udah titik. Jadi anak berpikir harus menikah dulu, baru tahu itu," tambah Ratih.

Simak juga ciri-ciri anak mengalami gizi buruk di video ini, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi