parenting

Novel Baswedan Ingin Anak Jadi Ahli Agama, Tak Seperti Dirinya

Radian Nyi Sukmasari Jumat, 04 Oct 2019 17:17 WIB
Novel Baswedan Ingin Anak Jadi Ahli Agama, Tak Seperti Dirinya
Jakarta - Dari pernikahannya dengan Rina Emilda atau Emil, Novel Baswedan dikaruniai lima orang anak. Seperti ayah lainnya, Novel punya harapan untuk sang anak agar kelak mereka jadi ahli agama.

Selama 16 tahun menikah dengan Emil, Novel Baswedan dikaruniai lima anak, empat anak perempuan dan satu anak laki-laki. Mereka adalah Nazela Rania Verina (15), Balqia Zahira Verina (14), Maqila Ashadya Verina (11), Zara Khadeeja Verina (9) dan Umar Novel Baswedan (2).

Setelah lulus SD, si sulung Nazela melanjutkan pendidikan di pondok pesantren di Bogor. Kata Emil, Novel Baswedan yang merupakan lulusan Akpol ini ingin semua anaknya masuk pesantren setelah lulus SD.


"Abi maunya seperti itu, anak-anak jadi ahli agama. Pak Novel tidak mau anak-anak seperti dirinya, merasa ketinggalan belajar agama. Belajar agama sejak dini bagus. Kalau tidak belajar di pesantren, itu ia rasa kurang," tutur Emil dalam buku Biarlah Malaikat yang Menjaga Saya yang ditulis Zaenuddin HM.

Tak sekadar masuk pesantren, Novel juga menargetkan anak-anaknya hafal Alquran. Maka dari itu, sejak umur 3 atau 4 tahun, anak-anak sudah diajak Novel Baswedan mencari pesantren yang targetnya hafiz Alquran. Ketika si kecil merasa berat, motivasi langsung diberi sang ayah.

"Ia menekankan ke anak-anak, agama adalah bekal dunia akhirat. Akhirat dikejar, dunia ikut. Jangan sampai dunia dikejar, akhirat tidak dapat," kata Emil.

Bagi Novel Baswedan yang matanya disiram air keras, kebahagiaan utama hidupnya adalah keluarga terutama anak-anaknya. Karena itu, menurut Emil suaminya masih ingin punya anak lagi, kalau bisa sampai 8 anak.

Novel BaswedanNovel Baswedan/ Foto: Rachman Haryanto
Menanggapi keinginan Novel Baswedan, Emil mengaku paham bahwa suaminya suka banyak anak. Sebab, Novel berprinsip banyak anak banyak rezeki. Bagi Novel, anak juga ladang amal dan ladang ibadah. Emil mengikuti keinginan suaminya tapi ketika masalah terus-menerus datang, Emil ingin hamil setelah urusan sarang burung walet yang menyeret Novel Baswedan selesai.


"Begitu selesai, saya ditagih. Makanya, Umar ini agak jauh jarakanya dengan kakaknya," ujar Emil.

Simak juga cerita istri Ustaz Solmed menjawab kritikan karena sekolahkan anak usia 5 tahun ke pesantren.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi