sign up SIGN UP search


parenting

Cegah GTM, Ini 8 Sayur dan Buah yang Ramah untuk Bayi Tumbuh Gigi

Siti Hafadzoh   |   Haibunda Senin, 21 Oct 2019 19:25 WIB
Anak rewel karena tumbuh gigi? Coba beri sayur dan buah beku deh, Bun. caption
Jakarta - Saat bayi lagi tumbuh gigi jadi rewel banget ya, Bun. Bayi rewel karena gusi mereka terasa gatal, bengkak, dan nyeri. Enggak heran kalau bayi jadi melakukan gerakan tutup mulut (GTM) alias nolak diberi makanan.

Kondisi ini sering banget bikin Bubun pusing. Saat si adik GTM, hampir semua makanan disembur dari mulutnya. Bahkan dia enggak mau buka mulut sama sekali.

Menghadapi situasi semacam ini, Bubun harus pintar-pintar memilih jenis memakan yang cocok saat bayi tumbuh gigi. Salah satu prinsipnya, memilih makanan yang ramah untuk giginya.


Memberikan buah dan sayur untuk dikunyah lebih aman dibandingkan memberi teether, Bunda. Selain itu, buah dan sayur juga bagus untuk meredakan gusi si kecil yang sedang enggak nyaman.

dr I Gusti Ayu Nyoman Pratiwi SpA atau dr Tiwi menyarankan, agar memberikan buah atau sayur yang sudah dipotong dan dibekukan. Ini akan memberi sensasi dingin sehingga gatalnya akan berkurang.

"Jadi dia tahu itu makanan, kan ada rasanya," ujar Tiwi.

Pilihan buah dan sayurnya enggak itu-itu saja ya, Bun. Anak juga enggak bosen karena menu sayur dan buahnya beragam. Dilansir Smart Parenting, berikut sayur dan buah yang bisa Bunda berikan pada bayi ketika tumbuh gigi.

Cegah GTM, Ini 8 Sayur dan Buah yang Ramah untuk Bayi Tumbuh GigiIlustrasi bayi makan sayur/ Foto: iStock

1. Mangga

Tekstur mangga mungkin terlalu lunak untuk bayi yang tumbuh gigi. Tapi, anak akan belajar untuk mengisap sari dari buah mangga. Karena mangga licin, ini akan melatih anak untuk memegang dengan lebih kuat.

2. Pepaya

Pepaya adalah salah satu buah yang aman untuk bayi. Buah ini tidak menghambat si kecil buang air besar.

3. Wortel

Bunda bisa memotong wortel dengan potongan besar. Kemudian, kukus selama 10 menit. Jangan sampai terlalu lembek ya, Bun. Tujuannya kan agar anak bisa latihan mengunyah.

4. Timun

Iris timun menjadi berntuk bulat. Kemudian buang tengahnya, Bun. Supaya anak lebih mudah memegangnya.

5. Pisang dan alpukat

Kedua buah ini lembut untuk bayi. Pisang dan alpukat juga baik untuk pencernaan lho, Bun. Tapi, hindari dua buah ini ya kalau anak susah buang air besar.

6. Apel

Apel adalah sumber serat yang baik untuk bayi. Apel hanya disarankan untuk bayi usia di atas 1 tahun ya, Bun.

7. Semangka

Kalau mau memberikan semangka, buang dulu bijinya ya. Jangan sampai bayi tersedak karena menelan biji semangka.

8. Melon

Mungkin melon sedikit keras untuk bayi. Tapi justru teksturnya yang keras akan menghilangkan sakit pada gusi bayi.

Memberikan buah dan sayur untuk meredakan gusi si kecil memang lebih disarankan daripada memberikan teether. dr I Gusti Ayu Nyoman Pratiwi SpA atau dr Tiwi menyarankan agar Bunda memberikan buah atau sayur yang sudah dipotong dan dibekukan. Ini akan memberi sensasi dingin sehingga gatalnya akan berkurang.

"Jadi dia tahu itu makanan, kan ada rasanya," ujar Tiwi.

Pilihan buah dan sayurnya enggak itu-itu saja ya, Bun. Anak juga enggak bosen karena menu sayur dan buahnya beragam. 

[Gambas:Video Haibunda]



(sih/rap)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!