sign up SIGN UP search


parenting

Wow! Ada Bayi 'Raksasa', Bobotnya 5,8 Kg Saat Lahir

Radian Nyi Sukmasari Senin, 14 Oct 2019 07:58 WIB
Bayi baru lahir biasanya berbobot 3 kg-an. Tapi bayi yang satu ini beda. Berat badannya saat lahir sekitar 5,8 kg. Wow! caption
Jakarta - Biasanya, berat badan bayi baru lahir sekitar 2,5 - 4 kg. Tapi, beda dengan bayi bernama Remi ini, Bun. Saat lahir, berat badannya 5,8 kg. Wow!

Padahal, berat badan 5,8 kg biasa dimiliki bayi ketika usia 3 - 4 bulan. Bayi bernama lengkap Remi Frances Millar ini merupakan anak pasangan Emma dan Daniel Millar. Saat lahir, Remi dalam kondisi sehat, Bun.

Kata Emma, saat hamil Remi dia mengalami diabetes gestational. Dokter pun sudah mewanti-wanti Emma kalau dia bakal melahirkan bayi dengan ukuran yang enggak biasa alias besar banget.


"Saya melahirkan dia lewat operasi caesar darurat, dua minggu lebih awal dari hari perkiraan lahir. Dia besar sekali, sampai kami menyebutnya pegulat sumo mini," kata Emma dilansir Mirror.

Rupanya, kakak Remi yang sekarang berusia 2 tahun juga lahir dengan bobot besar, Bun, yakni 5,5 kg. Saat di-USG ketika usia kehamilan 35 minggu, berat Remi diketahui sudah mencapai 3,2 kg. Padahal, rata-rata bayi di Australia berat lahirnya 2,8 kg.

"Saat saya berjalan di RS dan menggendong Remi, orang tua baru lain, bidan, dokter, bahkan pengunjung kaget dengan besarnya badan Remi," tambah Emma.

ilustrasi bayi baru lahirilustrasi bayi baru lahir/ Foto: Thinkstock
Bayi dengan berat lahir lebih dari 4 kg disebut dengan makrosomia. Menurut Carol L. Archie, M.D. dari University of California di Los Angeles School of Medicine, diabetes gestasional dan obesitas dapat menyebabkan makrosomia karena bayi biasanya menerima terlalu banyak nutrisi.

"Orang tua dengan tubuh besar sering memiliki bayi besar, tetapi kadang-kadang bayi yang berukuran besar karena ibunya mengalami obesitas atau mengalami diabetes gestasional selama kehamilannya yang tidak terdiagnosis atau tidak diobati," kata Archie dikutip dari Birth Injury Guide.

Bunda, simak juga penjelasan soal tongue tie dan lip tie di video berikut.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi