sign up SIGN UP search


parenting

Reaksi Tepat Ortu Saat Balita Pegang-pegang Alat Kelaminnya

Melly Febrida Jumat, 18 Oct 2019 15:01 WIB
Duh, si kecil yang umurnya balita pegang-pegang alat kelaminnya. Eits, jangan langsung heboh dan panik. Begini respons tepat Bunda dalam menyikapinya. caption
Jakarta - Orang tua mungkin pernah melihat saat balitanya sedang asik memegang alat kelaminnya. Umumnya, respons orang tua langsung kaget dan melarangnya. Namun, Bunda perlu tahu momen anak balita menyentuh alat kelaminnya bukanlah masturbasi layaknya orang dewasa.

"Jadi dia mengeksplorasi tubuhnya. Ketika dia mengeksplorasi tubuhnya dan dia menyentuh genital, lalu dia merasa nyaman. Di balita, itu bukan masturbasi seperti pada dewasa," kata psikolog anak dari Mayapada Healthcare Jakarta Selatan, Adisti F Soegoto.

Kalau Bunda memergoki si kecil nyaman saat menyentuh penis atau vaginanya, wanita yang akrab disapa Adis ini mengatakan orang tua jangan langsing panik dan berpikir masih kecil kok sudah porno. Adis justru menyarankan Bunda untuk mengalihkan perhatian anak.


"Misalnya 'Nak, tanganmu kan kotor biasanya pegang ini itu. Kalau Kamu sentuh kelaminmu, kumannya bisa pindah. Nanti kamu bisa gatal atau sakit kalau pipis', " kata Adis menyontohkan.

Atau, Adis bilang Bunda bisa mengajak anak bermain boneka, mobil-mobilan, balok, atau menggambar. "Apapun itu kita bisa alihkan betapa banyak fungsi tangan yang bisa digunakan. Bukan hanya menyentuh alat kelamin," ujar Adis saat berbincang dengan HaiBunda.

Sama halnya ketika Bunda menangkap si kecil asik menggesekkan kelaminnya di perosotan atau bantal guling, Adis bilang usahakan untuk memberikan penjelasan bahwa yang dilakukannya bisa menyakitinya.

"Kita bisa katakan ke anak bahwa mungkin awalnya dia merasa nyaman, tapi lama-lama karena hal itu dilakukan terus-terusan bisa lecet. Karena ada tekanan yang terlalu kuat," kata Adis.

Tentang balita pegang-pegang kelaminnya, psikolog anak dan remaja Ratih Zulhaqqi, juga pernah mengatakan anak memang bisa merasakan sensasi di alat kelaminnya. Enggak cuma anak laki-laki, anak perempuan pun bisa merasakan hal yang sama kok, Bun.

Reaksi Tepat Ortu Saat Balita Pegang-pegang Alat KelaminnyaReaksi Tepat Ortu Saat Balita Pegang-pegang Alat Kelaminnya/ Foto: iStock
Coba lihat deh, Bun, kalau kita lagi menyeboki si kecil sehabis pipis, dia bisa merasakan sensasi geli. Ratih bilang, selama saraf anak enggak ada masalah, dia pasti bisa merasakan sensasi di alat kelaminnya.

"Umumnya pegang-pegang alat kelamin karena memang anak enggak sengaja memegang, terus dia merasakan ada sensasi di alat kelaminnya," tambah Ratih yang praktik di RaQQi Human Development and Learning Centre ini.

Cek penjelasan soal batita makan pakai tangan di video ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi